PENEGAKAN HUKUM PADA PELAKU KDRT DAN SOLUSINYA UNTUK KEUTUHAN KELUARGA

Authors

  • Melisa Jeanet Regoh Universitas Dr. Soetomo
  • M. Syahrul Borman Universitas Dr. Soetomo
  • Nur Handayati Universitas Dr. Soetomo

Keywords:

Legal Protection, Domestic Violence

Abstract

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) merupakan masalah klasik dalam dunia hukum dan gender. Walaupun payung hukum untuk melindungi korban dari kekerasan dalam rumah tangga ini sudah ada yaitu UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga akan tetapi hal ini belum cukup mengantisipasi kekerasan tersebut dalam hal ini perlunya perhatian dan perlindungan hukum baik pemerintah, aparat penegak hukum, maupun dari masyarakat sehingga diharapkan setiap orang yang mendengar, melihat, atau mengetahui terjadinya kekerasan dalam rumah tangga wajib melakukan upaya pencegahan dan memberikan pertolongan. Sebenarnya apa penyebabnya dan seperti apa bentuk perlindungan bagi perempuan korban tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga yang diatur dalam hukum positif Indonesia,Dari latar belakang tersebut dapat dikemukakan beberapa permasalahan yaitu : Faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga dan bagaimana perlindungan hukum terhadap perempuan korban tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga dan upaya mengatasinya.Pembahasan terhadap persoalan-persoalan tersebut diperlukan metode penelitian, sedangkan metode penelitian yang dipergunakan meliputi : metode pendekatan, spesifikasi penelitian, jenis dan sumber data, metode pengumpulan data, dan metode analisa data.Berdasarkan dari penelitian tersebut diatas dapat diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut : faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga antara lain faktor kecemburuan, faktor ekonomi, dan faktor kurangnya pengetahuan tentang UU KDRT. Sedangkan perlindungan hukum bagi perempuan korban tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga telah diatur di dalam UU No. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Di dalam mencegah adapun upaya-upaya yang dilakukan PPA Polres Demak yang berkerjasama dengan lembaga lainnya untuk mengatasi terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga yaitu : dengan cara mensosialisasikan di dalam masyarakat secara langsung kepada masyarakat tentang adanya UU KDRT, berkerjasama dengan KP2PA Demak dengan mengadakan penyuluhanpenyuluhan yang berkaitan dengan KDRT, dan mengadakan seminar atau sebagai narasumber dalam acara-acara tertentu dengan materi Kekerasan Dalam Rumah Tangga ( KDRT ).

References

A. Z. Abidin Farid & A. Hamzah, Bentuk-Bentuk Khusus Perwujudan Delik (Percobaan, Penyertaan dan Gabungan Delik) dan Hukum Penitensier, (Jalakarta: Raja Grafindo Persada, 2010)

Adami Chazawi, (2002, Pelajaran Hukum Pidana Bagian 1, , Raja Grafindo, Jakarta.

Barda Nawawi Arief, (2008). Masalah Penegakan Hukum dan Kebijakan Hukum Pidana dalam Penanggulangan Kejahatan, Kencana Prenada Media, Jakarta.

C. Maya Indah. (2007). Perlindungan Korban Suatu Prespektif Viktimologi dan Kriminologi. Prenadamedia Group. Jakarta

Djoko Prakoso dan Agus Imunarso, (2001), Hak Asasi Tersangka dan Peranan Psikologi dalam Konteks KUHAP, Bina Aksara, Jakarta.

Fauzan Khairazi. (2015). Implementasi Demokrasi dan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jurnal Inovatif. Jakarta.

Harkristuti Harkrisnowo. (2000). Hukum Pidana dan Kekerasan terhadap Perempuan. KKCWPKWJ UI. Jakarta.

Laurika, A. L. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Kekerasan dalam Rumah Tangga. Lex Crimen, V(2), 30–36.

Lili Rasjidi dan B. Arief Sidharta, (2001). Filsafat Hukum Mahdzab dan Refleksi, Remaja Karya, Bandung.

Moeljatno, (2003), Asas-Asas hukum Pidana, Rineka cipta, Jakarta.

Muhammad Tahir Azhari, (2001). Negara Hukum Indonesia Analisis Yuridis Normatif tentang Unsur-Unsurnya, Ui-Press, Jakarta.

Muladi, (2001), Lembaga Pidana Bersyarat, Alumni, Bandung

Muladi dan Barda Nawawi Arief, (2005), Teori - teori dan Kebijakan Hukum Pidana, Alumni, Bandung

Peter Mahmud Marzuki, (2007). Penelitian Hukum, Kencana Prenada, Jakarta.

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Regoh, M. J., Borman, M. S., & Handayati, N. (2024). PENEGAKAN HUKUM PADA PELAKU KDRT DAN SOLUSINYA UNTUK KEUTUHAN KELUARGA. COURT REVIEW: Jurnal Penelitian Hukum (e-ISSN: 2776-1916), 4(06), 79–87. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/courtreview/article/view/1754

Issue

Section

HUKUM PIDANA