BEBERAPA PERSPEKTIF SOSIOLOGI SASTRA: DARI STRUKTURALISME GENETIK KE RESEPSI SASTRA
Keywords:
strukturalisme genetik, sastra politik, hegemoni, feminisme, resepsi sastraAbstract
Di bawah sosiologi sastra, antar-perspektif teoretis menunjukkan kekhasan pandangan masing-masing. Strukturalisme genetik memandang bahwa karya sastra memiliki struktur tertentu dan lahir dari proses historis tertentu. Kajian sastra dan politik menegaskan bahwa sastrawan dan karyanya hendaknya terlibat aktif dalam seluruh proses politik dan pembangunan masyarakatnya. Teori hegemoni sastra menegaskan perlunya pembongkaran substansi karya sastra sebagai siasat penguasa dalam mencari legitimasi dan dukungan politis dari rakyat. Kritik sastra feminis mengupayakan pembacaan karya sastra dari perspektif pembaca sebagai perempuan untuk membongkar dominasi patriarki. Teori estetika resepsi sastra mengemukakan bahwa perubahan tafsir suatu karya antarperiode dan antarpembaca terjadi karena perbedaan horizon pembaca dan tempat terbuka bagi setiap karya sastra.
References
Aminuddin. (2020). Pengantar apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Aritonang, D.R. (2018). Analisis pendekatan resepsi sastra terhadap novel Chairil Tanjung Si Anak Singkong. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(1), 62-73. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v3i1.62-73. Akses 10-01-2023.
Aslamiyah, S., Aryandini, S.N., Pratami, C.A. (2020). Analisis kritik sastra feminis dalam cerpen “Catatan Hati yang Cemburu” karya Asma Nadia. Nusa, 15(4), 535-545. DOI: https://doi.org/10.14710/nusa.15.4.535-545. Akses 10-01-2023.
Atiqah, A.N. (2019). Bentuk dan model hegemoni dalam novel Saga No Gabai Baachan ‘nenek hebat dari saga’ karya Yoshichi Shimada. Ayumi: Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra, 6(1), 31–47. https://doi.org/10.25139/ayumi.v6i1.1268. Akses 10-01-2023.
Damono, S.D. (1978). Sosiologi sastra: Sebuah pengantar ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Darmawati, B. (2021). Strukturalisme genetic sastra, dlm. Endraswara, S. (ed.), Teori sastra masa depan: Tokoh, konsep, dan aplikasi, p. 125-145. Malang: Beranda.
Dewi, N. (2014). Surviving legend, surviving ‘unity in diversity’: a Reading of Ken Arok and Ken Dedes narratives. Antropologi Indonesia, (edisi on-line) https://oa.mg/work/10.7454/ai.v0i72.3479. Akses 10-01-2023.
Dewi, Novita. (2021). Poskolonialisme sastra, dlm. Endraswara, S. (ed.), Teori sastra masa depan: Tokoh, konsep, dan aplikasi, p. 267-282. Malang: Beranda.
Djajanegara, S. (2012). Kritik sastra feminis: Sebuah pengantar. Jakarta: PT Gramedia.
Heryanto, A. (1986). Mencari kaidah estetika sastra kontekstual (III). Basis 35(3), Maret: 107—115.
Jupriono, D. (2004). Teori-teori sastra marxis: Prinsip-prinsip dasar & ilustrasi aplikasi. Parafrase 4(2): 142-152.
Kristanto, L.D. (2001). Kritik sosial: Menertawakan kekuasaan ala Antonio Gramsci. Basis, 50(09—10), September—Oktober: 59—64.
Lee, E. (2021). Women in literature—A literary overview. https://victorianweb.org/gender/womlitov.html. Akses 10-01-2023.
Medianingsih, A. (2021). Sosiologi sastra, dlm. Endraswara, S. (ed.), Teori sastra masa depan: Tokoh, konsep, dan aplikasi, p. 147-168. Malang: Beranda.
Moriarty, M. (2008). Barthes on Theatre, dlm. The Policy Reader in Cultural Theory. Cambridge: Polity Press.
Pradopo, R.D. (1994). Tinjauan resepsi sastra beberapa sajak Chairil Anwar. Basis, 43(4), April: 138—150.
Ratna, N.K. (2013). Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sembada, E.Z. & Andalas, M.I. (2019). Realitas sosial dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori: Analisis strukturalisme genetik. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2), 129-137. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/27824. Akses 10-01-2023.
Setyowati H., A. (2021). Cultural studies sastra, dlm. Endraswara, S. (ed.), Teori sastra masa depan: Tokoh, konsep, dan aplikasi, p. 243-266. Malang: Beranda.
Schreier, M. (2001). Qualitative methods in studying text reception, p. 35—56 dlm. Dick Schram & Gerald J. Steen (ed.), The Psychology and Sociology of Literature. John Benjamins Publioshing Company.
Shinta, M.K. (2021). Analisis struktural genetik pada novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(8), 3915-3924. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3808. Akses 10-01-2023.
Steen, G.J. & Schram, D. (2001). The empirical study of literature: Psychology, sociology, and other disciplines, p. 1—16 dlm. Schram, D. & Steen, G.J. (ed.), The Psychology and Sociology of Literature. John Benjamins Publioshing Co.
Sudarmanto, B.A. (2021). Postmodernisme sastra, dlm. Endraswara, S. (ed.), Teori sastra masa depan: Tokoh, konsep, dan aplikasi, p. 199-226. Malang: Beranda.
Sugihastuti & Suharto. (2016). Kritik Sastra Feminisme, Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijayanti, C.T., Hadi, P.K., Furinawati, Y. (2018). Dominasi laki-laki atas perempuan terhadap kehidupan seksual dalam novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 52-61. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/3368/0. Akses 10-01-2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 D. Jupriono, Achluddin Ibnu Rochim, Hasan Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan di TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra ber e-ISSN 2797-0477 ini akan diminta untuk menandatangani Formulir Penetapan Hak Cipta. Dalam menandatangani formulir, diasumsikan bahwa penulis telah memperoleh izin untuk menggunakan materi berhak cipta atau yang diterbitkan sebelumnya. Semua penulis harus membaca dan menyetujui ketentuan yang diuraikan dalam formulir, dan harus menandatangani formulir atau setuju bahwa penulis terkait dapat menandatangani atas nama mereka. Artikel tidak dapat diterbitkan sampai formulir yang ditandatangani telah diterima. Syarat publikasi bahwa penulis memberikan hak cipta atau lisensi hak publikasi dalam artikel mereka, termasuk abstrak, ke email jurnalabdimas1@gmail.com. . Hal ini memungkinkan kami untuk memastikan perlindungan hak cipta penuh dan untuk menyebarkan artikel, dan tentu saja Jurnal ke pembaca seluas mungkin dalam format cetak dan elektronik yang sesuai.