REPRESENTASI BENTUK-BENTUK KEPERCAYAAN SHINTO DALAM VIDEO GAME “GENSHIN IMPACT”

Authors

  • Ruth Yunita Putri Sianipar Universitas 17 Augustus 1945 Surabaya
  • Endang Poerbowati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.69957/tanda.v4i03.1739

Keywords:

: Genshin Impact, Representasi, Shinto, Inazuma, Video Game.

Abstract

Penelitian ini meneliti bagaimana kepercayaan Shinto direpresentasikan dalam video game Genshin Impact, khususnya di Inazuma, yang terinspirasi oleh budaya Jepang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis model interaktif untuk mengidentifikasi dan menganalisis kepercayaan Shinto dalam game. Selain itu, penelitian ini juga meneliti narasi, karakter, dan simbolisme yang terkait dengan praktik dan kepercayaan Shinto dalam game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Genshin Impact berhasil mengadaptasi bentuk keprcayaan Shinto dengan cara yang menghargai makna aslinya dan mengintegrasikannya ke dalam dunia fiksi game. Representasi ini tidak hanya meningkatkan pengalaman bermain gim, tetapi juga memiliki tujuan edukasi, memperkenalkan pemain pada tradisi dan ritual Shinto, sehingga menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya Jepang.

References

Hoyoverse. 2020. Genshin Impact – Step Into a Vast Magical World of Adventure.

Ainaya, N. O. A. 2023. “Perbandingan Penggambaran Youkai dalam Mitos Kepercayaan Masyarakat Jepang dan Anime Gugure! Kokkuri-san”. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Breen, J., Teeuwen, M. 2010. A New History of Shinto. John Wiley & Sons.

Cali, J., Dougill, J. 2012. Shinto Shrines: A Guide to the Sacred Sites of Japan’s Ancient Religion. University of Hawaii Press.

Foster, M. 2015. The Book of Yokai: Mysterious Creatures of Japanese Folklore. Univ of California Press

Hardacre, H. 2017. Shinto : The History. Oxford University Press.

Kasahara, K. 2001. A History of Japanese Religion. Kosei Publishing Company.

Kasulis, T. P. 2004. Shinto: The Way Home. University of Hawaii Press.

Nelson, J. K. 2000. Enduring Identities: The Guise of Shinto in Contemporary Japan. University of Hawaii Press.

Ono, S. 2011. Shinto: the Kami Way. Tuttle Publishing.

Picken, S. D. B. 2006. The A to Z of Shinto. Scarecrow Press

Putri, W. Q. F. 2023. “Representasi Budaya Jepang Di Negara Inazuma Pada Game Genshin Impact”. Universitas Darma Persada.

Sonnier, S. 2008. Shinto, spirits, and shrines : religion in Japan. Detroit : Lucent Books.

Teeuwen, M. 2003. Shinto, a short history. Routledge.

Wati, F. E. Q. 2021. “Representasi Kepercayaan Shinto Dalam Anime Ame Wo Tsugeru Hyoryu Danchi”. Universitas Darma Persada.

Yoda, H. 2008. Yokai attack! : the Japanese Monster Survival Guide. Tuttle Publishing

Genshin Impact Wiki. Diakses pada 19 Juni 2024 dari https://genshin-impact.fandom.com/wiki/Genshin_Impact_Wiki

Japan Experience. (2017, 14 Januari). Miko Shrine Maidens. Diakses pada 20 Juni 2024 dari https://www.japan-experience.com/plan-your-trip/to-know/understanding-japan/miko

Japan Living Guide. (2023, 21 November). Omamori: A Guide to Japanese Amulets. Diakses pada 10 Juni 2024 dari https://www.japanlivingguide.com/living-in-japan/culture/omamori/

JapanTravel. (2019, 9 September). Shinto Shrine Ema. Diakses pada 15 Juni 2024 dari https://en.japantravel.com/photostory/shinto-shrine-ema/60223

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Sianipar, R. Y. P., & Poerbowati, E. (2024). REPRESENTASI BENTUK-BENTUK KEPERCAYAAN SHINTO DALAM VIDEO GAME “GENSHIN IMPACT”. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa Dan Sastra (e-ISSN: 2797-0477), 4(03), 22–35. https://doi.org/10.69957/tanda.v4i03.1739