DEKRIT SAKOKU DALAM VIDEO GAME “GENSHIN IMPACT” PRODUKSI HOYOVERSE

Authors

  • Siti Anissah Lailatul Jannah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Endang Poerbowati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.69957/tanda.v4i03.1738

Keywords:

Dekrit, Sakoku, Peraturan, Isolasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep, peraturan, dan dampak dari Dekrit Sakoku yang diberlakukan oleh pemimpin Inazuma, Raiden Shogun, dalam video game Genshin Impact. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menganalisis berbagai aspek tentang Sakoku, termasuk definisi, peraturan, dan dampaknya, terutama dampak terhadap Inazuma dan orang-orangnya. Sakoku didefinisikan sebagai kebijakan isolasionis yang diterapkan oleh Shogunate di Inazuma, sebuah kebijakan yang membatasi kontak dengan dunia luar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Sakoku merupakan elemen penting dalam dunia Inazuma, dengan pengaruh yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan. Analisis ini membuka jalan untuk penelitian lebih lanjut tentang dampak Dekrit Sakoku terhadap karakter dan cerita dalam game Genshin Impact.

References

Abrams, M. H. 1953. The Mirror and the Lamp: Romantic Theory and the Critical Tradition. New York: Oxford University Press.

Bix, Herbert P. 2000. Hirohito and the Making of Modern Japan. Harper Collins.

Budiardjo, Miriam. 2003. Hukum Tata Negara Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Clifford, Geertz. 1992. Descripción densa: Hacia una Teoría Interpretativa de la Cultura.

Edward, B. Tylor. 1871. Primitive Culture: Researches Into the Development of Mythology,

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode & Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta. Pustaka Widyatama.

Genshin Impact Official Site. Diakses pada 25 Juni 2024, dari https://genshin.hoyoverse.com/id/map?region=3

Genshin Impact Youtube Official (2021, 6 September). Story Teaser: Promise of a People’s Dream | Genshin. Impact. Diakses pada 25 Juni 2024, dari https://www.youtube.com/watch?v=hQ5GEOlwLUQ&t=4s

Hall, John Whitney. 1991. Japan: From Prehistory to Modern Times. University of Michigan Press.

Holsti, K,J. 1992. International Politics: A Framework for Aanalysis. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Hoyoverse. 2020. Genshin Impact – Step Into a Vast Magical World of Adventure.

Jakobson, Roman. 1960. Language in Literature. Cambridge: Harvard University Press.

Jansen, Marius B. 2000. The Making of Modern Japan. Harvard University Press.

Keene, Donald. 2002. Japan in World History. Oxford University Press.

McClain, James L. 2002. Japan: A Modern History. Blackwell Publishing.

Moleong. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Robert, Hellyer. 2002. Social Science Japan Journal, Vol. 5, No. 2.

Smith, Robert J. 1997. Japanese Culture: A Historical Overview. McGraw-Hill.

Staley, Eugene. 1973. A History of Japanese Capitalism. Columbia University Press.

Teeuw, A. S. 1984. Sastra Indonesia: Sebuah Pengantar. Cetakan ke-5. Bandung: P.T. Pustaka Jaya.

Totten, George O. 2006. Japan: An Introductory History. University of California Press.

Wellek, René, & Austin Warren. 1962. The Theory of Literature. New York: Harcourt, Brace & World.

Yusi, Widarahesti. Rindu, Ayu. 2011. Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, Vol . 1, No. 1: Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Jannah, S. A. L., & Poerbowati, E. (2024). DEKRIT SAKOKU DALAM VIDEO GAME “GENSHIN IMPACT” PRODUKSI HOYOVERSE. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa Dan Sastra (e-ISSN: 2797-0477), 4(03), 36–43. https://doi.org/10.69957/tanda.v4i03.1738