ANALISIS KALIMAT IMPERATIF DALAM MANGA KUROKO NO BASKET “EXTRA GAME” KOUHEN KARYA FUJIMAKI TADATOSHI

Authors

  • Cuk Yuana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Erman Ardhi Yunanta Universitas 17 Agustus 1945

DOI:

https://doi.org/10.69957/tanda.v3i02.1518

Keywords:

Manga, Kalimat imperatif, Makna

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui apa makna kalimat imperatif yang terkandung dalam manga Kuroko No Basket “Extra Game” Kouhen. Kedua, mendeskripsikan penanda lingual yang digunakan oleh karakter dalam manga Kuroko No Basket “Extra Game” Kouhen. Objek dari penelitian ini adalah sebuah komik yang berjudul Kuroko No Basket “Extra Game” Kouhen yang ditulis oleh seorang penulis komik, Fujimaki Tadatoshi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan metode dan teknik yang mengacu pada dokumen. Berdasarkan analisis dari 16 data dapat dikemukakan bahwa ada 3 makna kalimat imperatif yaitu fungsi perintah, fungsi permohonan, dan fungsi larangan. Oleh karena itu, dari 16 data tersebut, dikategorikan dalam 8 data memiliki fungsi perintah, 6 data memiliki fungsi permintaan, 5 data memiliki fungsi larangan. Makna suatu kalimat imperatif dapat dimengerti dari konteks dan penanda lingual yang digunakan. Oleh karena itu, pada situasi tertentu dan berdasarkan pada karakter yang dimiliki oleh penutur dapat mempengaruhi penggunaan penanda lingual dalam suatu kalimat.

References

Hayashi, Dai. 1990. Kyooshi Kyouiku Handobukku. Japan:Taishukan Shoten.

Iori, Isao. 2000. Shokyu o Oshieru Hito no Tame no Nihongo Bunpo Handobukku. Tokyo: Kurashiki Inshatsu Kabushikigaisha.

Muhadjir, Noeng, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Jogja: Rake Sarasin

Setianingrum, Imas. 2015. Analisis Penggunaan Kalimat Imperatif Dalam Drama Q10. Semarang: Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Sudaryanto. 1985. Linguistik : Esai Tentang Bahasa dan Pengantar ke dalam Ilmu Bahasa. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

_____________. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik) Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sutedi, Dedi. 2003. Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Rev. Ed. Bandung: Humaniora.

Yokota, Takashi. 2007. A Study of Imperative Sentences in Japanese Language Education. Diakses pada 29 januari 2019 dari https://www.hokuriku-u.ac.jp/about/campus/libraryDATA/kiyo31/koku6.pdf

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Yuana, C., & Yunanta, E. A. (2023). ANALISIS KALIMAT IMPERATIF DALAM MANGA KUROKO NO BASKET “EXTRA GAME” KOUHEN KARYA FUJIMAKI TADATOSHI. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa Dan Sastra (e-ISSN: 2797-0477), 3(02), 70–77. https://doi.org/10.69957/tanda.v3i02.1518

Issue

Section

KESUSASTRAAN