ANALISIS STRUKTUR BATIN DALAM PESAN PUISI “HUJAN” KARYA ACHLUDDIN IBNU ROCHIM

Authors

  • Andia Jingga University of Dr. Soetomo, SURABAYA

Keywords:

Analisis, Struktur Batin, Pesan, Puisi

Abstract

Puisi merupakan satu di antara bentuk karya sastra yang tersusun dari jalinan kata dan berisikan pesan yang bermakna. Dalam memahami pesan puisi dibutuhkan suatu studi yang mendalam. Tidak ada yang lebih paham pesan puisi kecuali penciptanya itu sendiri. Penulis memilih pesan dalam puisi Hujan sebagai objek puisi yang akan dianalisis secara struktural. Puisi hujan menggunakan diksi yang beraneka sehingga menghasilkan makna pesan yang mendalam bagi pembacanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur batin yang terdapat di dalam pesan puisi hujan? Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan struktur batin yang terdapat dalam pesan puisi hujan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan struktural yang bertujuan untuk mengungkap dan menggambarkan struktur batin yang terdapat pada pesan puisi tersebut. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah membaca puisi, menganalisis struktur batin puisi dan memberikan kesimpulan. Hasil dari analisis puisi memuat tema percintaan dan memiliki rasa atau suasana melankolis karena ketulusan cinta serta memiliki nada yang cenderung bergejolak dan emosi yang tertahan dan memiliki pesan moral atau amanat agar setiap pembaca mempunyai sifat percaya, sabar, tabah, dan peka.

Author Biography

Andia Jingga, University of Dr. Soetomo, SURABAYA

Nama: Andia Jingga Langit Persada Timur

Program Studi: Magister Ilmu Komunikasi Unitomo Surabaya

References

Achluddin Ibnu Rochim (2017) Hujan, Cafe Pena, Forum Sawo, https://caffepena.blogspot.com/2017/04/hujan.html

Azharina, N., & Gadeng, R. (2017). Analisis struktur dan fungsi syair tari rabbani wahid. Master Bahasa, 5(1), 28–35.

Azizah, A. (2015). Pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan teknik brain writing pada peserta didik SD/MI kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 136–140.

Dibia, K. (2018). Apresiasi bahasa dan sastra indonesia. Depok: Raja Grafindo Persada.

Djoko Pradopo, R. (2014). Pengkaji puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhayati, E. (2019). Cipta kreatif karya sastra. Bandung: Yrama Widya.

Sebayang, S. K. H. (2018). Analisis struktur batin puisi sesamar kasih pencari rezeki karya Dwi Ayu Utami Nasution. Basastra, 7(1), 1–13.

Wirawan, G. (2017). Analisis struktural antologi puisi Hujan Lolos di Sela Jari karya Yudhiswara. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 39–44.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Langit Persada Timur, A. J. (2021). ANALISIS STRUKTUR BATIN DALAM PESAN PUISI “HUJAN” KARYA ACHLUDDIN IBNU ROCHIM. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa Dan Sastra (e-ISSN: 2797-0477), 1(02), 43–46. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/tanda/article/view/119