PERJUANGAN SAM GRIBLEY DALAM BERTAHAN HIDUP DI NOVEL KARYA JEAN CRAIGHEAD GEORGE BERJUDUL ‘MY SIDE OF THE MOUNTAIN’

Authors

  • Nur Hayati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Perjuangan, Bertahan hidup, Motif

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan motif perjuangan Sam Gribley untuk bertahan hidup di hutan belantara dan bagaimana perjuangan Sam Gribley untuk bertahan hidup dalam novel karya Jean Craighead George berjudul My Side of the Mountain terbitan tahun 1950-an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang menggunakan analisis isi. Untuk menyelesaikan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan intrinsik, menerapkan teori-teori karakter, latar, bertahan dan perjuangan sebagai alat. Teknik pengumpulan data adalah dengan membaca dan mencatat dari novel My Side of the Mountain karya Jean Craighead George. Dalam analisisnya, penulis menggambarkan tentang Sam Gribley, seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang bertahan hidup di hutan belantara. Dia pergi hanya dengan pisau lipat, seutas tali, dan empat puluh dolar. Dia telah memberi tahu ayahnya bahwa dia berencana untuk menemukan pertanian kakek buyutnya di Gunung Catskill dan tinggal di sana. Dalam perjuangannya untuk hidup di alam liar, Sam menghadapi banyak masalah terutama pada hari pertamanya seperti tidak dapat membuat api atau tidak dapat menemukan peternakan kakek buyutnya. Setelah menganalisis perjuangan Sam Gribley untuk bertahan hidup, penulis tesis menyimpulkan bahwa hidup dan perjuangan Sam Gribley di hutan belantara membawa banyak masalah baginya dan masalah itu dapat membuat hidupnya lebih bermakna. Dia menyadari kebenaran bahwa dalam perjuangannya di hutan belantara dia membutuhkan kehadiran seseorang untuk menemaninya.

References

Abrams, M.H. (1979). A Glosarry of Literature term. New York: Reinhart and Company, Inc Perrine.

Creswell, John W., (2003). Research Design: Qualitative, and Mixed Method Approach. USA: Sage Publication.

George, Jean Craighead. (1959). My Side of the Mountain. New York.

https://en.wikipedia.org/wiki/survival

https://en.wikipedia.org/wiki/struggle

https://www.JeanCraigheadGeorge-Biography-Author.com //Mei,20 2017

Kennedy, X.J. (1983). An Introduction to Fiction. Toronto: Little Brown Co.

Pickering. James. H and Jeffery D. Hopper. (1981). Concise Compinion to Literature. New York: Mac Millan Publishing Co Inc.

Potter, Lawrence. (1967). Elements of Literature. New Jersey: Press.

Robert, Edgar V & Henry E Jacob. (1989). Literature: An Introduction to Reading and Writing. New Jersey: Prentice Hall, Inc, Enflewood Cliffs.

Webster, Noa. (1976). Webster’s New Twentieth Century Dictionary Unabridged Second Edition Collins World.

Robert, Edgar V. (1997). The theme of Character Analysis 4th Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc, Enflewood Cliffs.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Hayati, N. (2021). PERJUANGAN SAM GRIBLEY DALAM BERTAHAN HIDUP DI NOVEL KARYA JEAN CRAIGHEAD GEORGE BERJUDUL ‘MY SIDE OF THE MOUNTAIN’. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa Dan Sastra (e-ISSN: 2797-0477), 1(02), 1–9. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/tanda/article/view/101