PELATIHAN MENGHADAPI PERILAKU TANTRUM PADA ANAK DI PAUD KARTINI SIDOARJO

Authors

  • suhadianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Aliffia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Perilaku tantrum pada anak, Pelatihan penangan perilaku tantrum pada anak, Media video, Media group Whatsapp

Abstract

Salah satu problem pengasuhan yang dihadapi oleh orang tua terhadap anak di usia golden Ages (usia 0-6 tahun), adalah ketidak mampuan orang tua menangani perilaku tanrum pada anak. Problem tersebut juga banyak pengabdi temukan pada orang tua murid PAUD Kartini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan cara menangani perilaku tantrum pada anak bagi orang tua dan guru. Situasi pandemi Covid-19 dan rendahnya kemampuan orang tua dalam menggunakan aplikasi zoom meeting mengharuskan pengabdi menyampaikan matreri melalui media youtube dan gorup Whatsapp. Pengabdi membuat video materi dengan bentuk dialog dan diunggah di chanel youtube. Setelah peserta menyimak materi video selama satu hari, kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi melalu group Whatsapp selama 12 jam. Hasil analisis statistik menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pengetahuan peserta tentang penanganan tantrum pada anak antara sebelum dan setelah pelatihan. Strategi pelaksanaan pengabdian ini bisa menjadi contoh bagi para pengabdi yang mengalami kendala penyampaian materi secara tatap muka langsung selama masa pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aliffia, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Hayes. (2003). Tantrum Panduan Memahami dan Menangani Ledakan Emosi Anak (Alih Bahasa:Hamiyn Octopus). Jakarta: Erlangga.

Hurlock., E.B. (1998). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Maslim. (2003). Buku Saku Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III. Jakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Atma Jaya.

Rini Hildayani, dkk. (2009). Penanganan Anak Berkelainan (Anak Dengan Kebutuhan Khusus). Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-07-23

How to Cite

suhadianto, & Ananta, A. (2021). PELATIHAN MENGHADAPI PERILAKU TANTRUM PADA ANAK DI PAUD KARTINI SIDOARJO. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 1(02), 15–22. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/76

Issue

Section

Education for Sustainable Development