UPAYA PEMANFAATAN DAUN KELOR: PUDDING DAUN KELOR UNTUK MENCEGAH STUNTING

Authors

  • Arda Eriyahma Universitas Negeri Semarang

Keywords:

stunting, desa kentengsari , daun kelor

Abstract

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh baik fisik maupun otak akibat kekurangan gizi. Gizi merupakan salah satu faktor penentu tumbuh kembang anak yang optimal. Angka stunting di Desa Kentengsari terbilang cukup tinggi. Kelor menjadi salah satu tanaman yang mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar pengolahan makanan ataupun minuman. Kegiatan sosialisasi olahan daun kelor untuk mencegah stunting ini dilaksanakan di Dusun Limbangan dengan peserta ibu-ibu muda di daerah setempat. Metode yang digunakan pada pengabdian ini yaitu metode penyuluhan dengan memberikan materi terkait manfaat dan kandungan daun kelor, serta mengenalkan salah satu olahan daun kelor yang dapat bermanfaat untuk mencegah stunting yaitu pudding daun kelor. Hasil dari kegiatan ini yaitu ibu-ibu muda mempunyai ketertarikan dalam mengolah daun kelor untuk mencegah stunting.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arda Eriyahma, Universitas Negeri Semarang

Sivitas Akademi di Universitas Negeri Semarang

References

Hamzah, H. dan Y. N. . (2019). Analisis Kandungan Zat Besi (Fe) Pada Daun Kelor (Moringa Oleifera Lam.) Yang Tumbuh dengan Ketinggian Berbeda di Daerah Kota Baubau. Indonesia Journal of Chemistry Research, 6(2), 88–93.

Irwan, Z. (2020). Kandungan Zat Gizi Daun Kelor (Moringa Oleifera) Berdasarkan Metode Pengeringan. Jurnal Kesehatan Manarang, 6(1).

Mutia, A. (2021). Prevalensi Stunting Balita Indonesia Tertinggi ke-2 di Asia Tenggara. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/25/prevale%0Ansi-stunting-balita-indonesia-tertinggi-ke-2-di-asia-tenggara

Purba, E. C. (2020). Kelor (Moringa oleifera Lam.): Panfaatan Dan Bioaktivitas. Prolife, 7(1), 1–12.

Soetriono, S., Soedjono, D., Zahrosa, D. B. & Maharani, A. . (2019). Penciptaan Nilai Tambah Dan Pengembangan Agroindustri Berbasis Komoditas Kelor (Moringa Olifiera). JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 12(2), 30–49.

Wadu, J., Linda, A.M. Retang, A.U.K., & Saragih, E. . (2021). Pemanfaatan Daun Kelor Sebagai Bahan Dasar Produk Olahan Makanan di Kelurahan Kambaniru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.

Winarno, F. . (2018). Tanaman Kelor (Moringa oleifera): Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha. Gramedia Pustaka Utama.

Zakaris. (2012). Penambahan tepung daun kelor pada menu makanan sehari-hari dalam upaya penanggulangan gizi kurang pada anak balita. Media Gizi Pangan, 13(1).

Downloads

Published

2023-05-02

How to Cite

Eriyahma, A. (2023). UPAYA PEMANFAATAN DAUN KELOR: PUDDING DAUN KELOR UNTUK MENCEGAH STUNTING. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 3(02), 45–49. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/622

Issue

Section

Education for Sustainable Development