PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM DALAM UPAYA MENGATASI PERMASALAHAN PEMASARAN DI DESA GADEN KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN

Authors

  • Billy Cessar Bimara Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Quthbil Irsyad Universitas Negeri Semarang
  • Alfattan Nur Hibatulloh Universitas Negeri Semarang
  • Fitriyah Muzdalifah Universitas Negeri Semarang
  • Rindia Fanny Kusumaningtyas Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Digital marketing, UMKM

Abstract

Desa Gaden merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten yang termasuk dalam desa miskin ekstrem. Mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah petani dan terdapat beberapa UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di desa. Salah satu permasalahan UMKM di desa tersebut adalah dalam hal pemasaran. Oleh karena itu, tim KKN UNNES Giat 2 mengadakan pelatihan digital marketing menggunakan aplikasi Shopee dengan tujuan mengatasi permasalahan pemasaran dan diharapkan meningkatkan pendapatan UMKM. Kegiatan dalam pelatihan tersebut diantaranya sosialisasi pengenalan aplikasi shopee, tutorial foto produk yang lebih menarik, tutorial membuat akun shopee, dan tutorial berjualan dan mengirim produk yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Gaden. Terdapat 16 UMKM yang tergabung dalam pelatihan dengan didampingi untuk membuat akun shopee, cara mendaftarkan usaha ke shopee, cara foto produk yang baik dan benar serta tips dan trik menjual produk di shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Billy Cessar Bimara, Universitas Negeri Semarang

Civitas Akademika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Muhammad Quthbil Irsyad, Universitas Negeri Semarang

Civitas Akademika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Alfattan Nur Hibatulloh, Universitas Negeri Semarang

Civitas Akademika di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Fitriyah Muzdalifah, Universitas Negeri Semarang

Civitas Akademika di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Rindia Fanny Kusumaningtyas, Universitas Negeri Semarang

Civitas Akademika di Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang

References

ES, D.P., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 2.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika. 10(1).

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Umkm Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1).

Kusumaningtyas, R.F., Rahayu, S.A.P., Latifiani, D., Ristanti, D., & Wahyuni, N. (2021). FASILITASI KLINIK KI DAN SOSIALISASI KEKAYAAN INTELEKTUAL BAGI UMKM TERAS BULAN DI KOTA SEMARANG. Abdi MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional, 1(4).

LEVANI, Y., HAKAM, M. T., & UTAMA, M. R. (2020). Potensi Adiksi Penggunaan Internet pada Remaja Indonesia di Periode Awal Pandemi Covid 19. Hang Tuah Medical Journal, 17(2), 102.

Ramadhani, S., Suswanto, S., Maria, E., & ... (2022). Penggunaan Platform Shopee untuk Berbelanja di Lingkungan Kelurahan Rapak Dalam Kota Samarinda. Pubarama: Jurnal …, 2(1), 48–56.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189.

Solopos.com. (2022, 11 Agustus). Wagub Taj Yasin Datangi Desa Miskin Ekstrem di Trucuk Klaten, Ada Apa?. Diakses pada 2 September 2022, dari https://www.solopos.com/wagub-taj-yasin-datangi-desa-miskin-ekstrem-di-trucuk-klaten-ada-apa-1391722 .

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Cessar Bimara, B., Quthbil Irsyad, M., Nur Hibatulloh, A., Muzdalifah, F., & Fanny Kusumaningtyas, R. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM DALAM UPAYA MENGATASI PERMASALAHAN PEMASARAN DI DESA GADEN KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 3(03), 21–26. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/525

Issue

Section

Education for Sustainable Development