PELAKSANAAN PROGRAM KALIMASADA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN MEDOKAN SEMAMPIR

Authors

  • Ahmad Adhi Suprayitno Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Magang MBKM-A, Program Kalimasada

Abstract

Pelaksanaan program magang MBKM-A Dispendukcapil yang dilaksanakan di Kelurahan Medokan Semampir oleh mahasiswa Untag Surabaya. Kegiatan magang ini bertujuan selain untuk membantu mengoptimalkan pelayanan publik melalui program KALIMASADA dikelurahan Medokan Semampir juga sebagai kelompok mahasiswa yang menjembatani antara warga dengan pemerintah melalui program yang dijalankan selama magang MBKM-A di Kelurahan Medokan Semampir. Program magang ini dilaksanakan dengan fokus pada pendampingan RT/RW dalam menyelesaikan permsalahan-permsalahan yang dihadapi warga terkhusus untuk adminduk. Dalam pelaksanakan program magang MBKM-A mahasiswa Untag Surabaya berkolaborasi dengan Ningminduk kelurahan Medokan Semampir yang berjumlah dua orang. Mahasiswa mejalankan program sosialisasi sadar adminduk dari selebaran poster menarik. Hasil pelaksanaan program magang MBKM-A di Kelurahan Medokan Semampir menunjukan bahwa masyarakat dapat memahami alur dari kepengurusan data secara mandiri melalui aplikasi Klampid atau melalui RT/RW. Bagi mahasiswa program ini sangat berdampak untuk kedepannya ketika sampai pada dunia kerja serta menambah banyak wawasan mahasiswa yang nantinya bisa bermanfaat bag akademisi lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Adhi Suprayitno, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Anwar, A. M. (2021). Penerapan Pelayanan Akta Kelahiran Secara Online Melalui Klampid di Kantor Kecamatan Pabean Cantian Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Pratama, W. O., & Maulana, D. (2022, May). IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN KALIMASADA ADMINDUK DITINGKAT RT KOTA SURABAYA. In Seminar Patriot Mengabdi (Vol. 1, No. 01).

Takdir, M., Sani, K. R., Juniati, S. R., & Arifin, Z. (2021). Polemik Implementasi Program Magang Mbkm Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sinjai. Al Qisthi, 11(2), 22-35.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Adhi Suprayitno, A. (2022). PELAKSANAAN PROGRAM KALIMASADA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN MEDOKAN SEMAMPIR. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 3(04), 39–43. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/452

Issue

Section

Education for Sustainable Development