PKM PADA INDUSTRI KREATIF TEDUNG TRADISIONAL BALI MELALUI PENGUATAN MANAJEMEN USAHA DAN PENGATURAN LAYOUT KERJA

Authors

  • I Made Purba Astakoni Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Handayani Denpasar
  • Ida Bagus Swaputra Program Studi Manajemen Stimi Handayani Denpasar
  • I Wayan Wardita Program Studi Manajemen Stimi Handayani Denpasar
  • Kadek Ryan Putra Richadinata Program Studi Bisnis Digital, Universitas Bali International

Keywords:

Tedung Bali, Manajemen Usaha, Pengaturan Layout, Industri Kreatif

Abstract

Mitra sasaran pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah industri kreatif ”Tegal Wangi Payung” yang beralamat di Jalan Raya Sading ,Desa Sading, Mengwi Kabupaten Badung  Provinsi Bali. Mitra pengabdian ini bergerak dalam usaha kerajinan payung tradisional Bali yang biasa disebut ”Tedung Tradisional Bali”. Produk kerajinan yang dihasilkan berupa; Tedung (ukuran besar dan kecil),Tedung Agung, Tedung Robrob, Tedung Kolam, Tedung Pantai, Tedung Kreasi dan berbagai jenis umbul-umbul mini.Berdasarkan kondisi eksiting dari mitra binaan, maka permasalahan prioritas yang diangkat adalah (1) Permasalahan terkait dengan teknologi produksi (penataan layout kerja tidak tertata dengan baik, disain produk yang kurang variatif, minimnya peralatan keselamatan dan kesehatan kerja).(2) Permasalahan terkait dengan manajemen usaha (administrasi dan pembukuan yang dilakukan masih sangat sederhana,sumber daya manusia yang menangani fungsi pokok manajemen tidak jelas). Tujuan dari pelaksanaan program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesejahtraan mitra melalui pembinaan, pelatihan, pendampingan di bidang teknologi kerja (manajemen produksi) dan teknik manajemen usaha. Tujuan khusus yang diharapkan adalah agar mitra dapat meningkatkan jumlah produk siap ekspor dan akhirnya kesejahtraan mitra tercapai dan usahanya bisa berkelanjutan. pelaksanaan program pengabdian ini dilaksanakan dengan cara : Metoda sosialisasi dan pemantapan, Metoda pelatihan (workshop) dan pendampingan, serta Monitoring dan Evaluasi. Luaran program diharapkan dalam bentuk (1) Stasiun Kerja yang tertata dengan layout yang baik,(2) Sudah adanya sistem pembukuan dan manjemen usaha  yang baik ,(3). Desain produk yang klasik dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Bagus Swaputra, Program Studi Manajemen Stimi Handayani Denpasar

Dosen, Peneliti dan Penggiat Pengabdian Kepada Masyarakat di Program Studi Manajemen Stimi Handayani Denpasar

I Wayan Wardita, Program Studi Manajemen Stimi Handayani Denpasar

Dosen, Peneliti dan Penggiat Pengabdian Kepada Masyarakat di Program Studi Manajemen Stimi Handayani Denpasar

Kadek Ryan Putra Richadinata, Program Studi Bisnis Digital, Universitas Bali International

DOsen, Peneliti, dan Penggiat Pengabdian Kepada Masyarakat di Program Studi Bisnis Digital, Universitas Bali International

References

Amrita, Nyoman Dwika Ayu, and Made Mulia Handayani. 2021. “Tedung Bali Craft Business Development: SWOT Analysis and Marketing Strategy.” International Journal of Social Science and Business 5 (1): 1–7. https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i1.28570.

Astakoni, I Made Purba, I Gede Ngurah Sunata, Ida Bagus Swaputra, and Putu Nursiani. 2019. “Pemberdayaan UMKM Melalui Penataan Stasiun Kerja Peremajaan Fasilitas Produksi Dan Manajemen Usaha” 3 (1): 84–89.

Diana, Putri, Ketut Suwena, and Ni Made Sofia Wijaya. 2017. “Peran Dan Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mendukung Pariwisata Di Desa Mas Dan Desa Peliatan , Ubud.” Jurnal Analisis Pariwisata 17 (2): 84–92.

Lestari, P F K, I M P Astakoni, 2020. “Peningkatan Daya Saing Produk Tedung Bali Menembus Pasar Ekspor.” Paradharma (Jurnal … 3 (2): 135–141. http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/para_dharma/article/view/1049.

Rohaetin, Sri, and Intan Norrahmi. 2020. “Analisis Penerapan Manajemen Operasional (Desain Produk Dan Rantai Pasokan) Pada UKM Rotan Kelompok Pahari Palangkaraya.” Equilibrium 8 (2): 155-165.

Sudaryanto, Ragimun, and Rahma Rina Wijayanti. 2014. “Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean.” www.Kemenkeu.Go.Idww.Kemenkeu.go.Id. Jember. http://www.perpustakaan.depkeu.go.id/FOLDERJURNAL/2014_kajian_pkem_Strategi Pemberdayaan UMKM.pdf.

Trisnawati, Aditya Eka, Hari Wahyono, and Cipto Wardoyo. 2018. “Pengembangan Desa Wisata Dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3 (1): 29–33. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I1.10356.

Downloads

Published

2022-01-11

How to Cite

Purba Astakoni, I. M., Bagus Swaputra, I., Wayan Wardita, I., & Ryan Putra Richadinata, K. (2022). PKM PADA INDUSTRI KREATIF TEDUNG TRADISIONAL BALI MELALUI PENGUATAN MANAJEMEN USAHA DAN PENGATURAN LAYOUT KERJA. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 2(01), 45–51. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/205

Issue

Section

Education for Sustainable Development