IMPLEMENTASI APLIKASI SI KELUARGA MISKIN DALAM RANGKA MENEKAN ANGKA KEMISKINAN DI WILAYAH KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO KOTA SURABAYA

Authors

  • Irvan Ali Akbar Universitas 17 Agustus 1945
  • Adi Soesiantoro Universitas 17 Agustus 1945

DOI:

https://doi.org/10.69957/abdimass.v4i03.1541

Keywords:

Pelayanan Publik, Penanggulangan Kemiskinan, Efisiensi Program, E-government

Abstract

Surabaya sebagai kota metropolitan yang termasuk dalam salah sat kota terbesar di indonesia memiliki jumlah masyarakat yang tidaklah sedikit, di lansir dari website resmi pemerintah kota Surabaya pada tahun 2022 mencapai 2,88 juta jiwa hal ini terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Sebagai salah satu kota terbesar di indonesia Surabaya tentunya mempunyai permasalahan kemiskinan yang harus diselesaikan, dan dengan mengatur jumlah begitu banyak penduduk yang terkategorikan dan hidup dalam garis kemiskinan membutuhkan sebuah sitem dimana sistem tersebut menjadi alat bantu pemerintah guna menuntaskan masalah kemiskinan. Aplikasi SIGAMIS atau yang di sebut Sistem Informasi Keluarga Miskin, merupakan salah satu inovasi pemerintah kota Surabaya dalam menjalankan reformasi birokrasi dalam hal E-Government. SIGAMIS merupakan sistem aplikasi yang di buat oleh pemerintah kota Surabaya dalam menekan angka kemiskin, aplikasi tersebut berbentuk informasi bagi masyarakat umum, dimana masyarkat bisa melihat status ekonomi mereka dan apakah mereka masuk kedalam data tersebut sehingga bisa mendapatkan intervensi dari pemerinth baik berupa bantuan, surat keterangan miskin dan lain lain. pemerintah berharap dengan adanya aplikasi ini angka kemiskinan di Surabaya dapat di kurangi atau bahkan di hilangkan dengan kriteria yang di tentukan oleh Surve Sosial Ekonomi Nasional atau SUSENAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajarianto, Otto, and Yeyen Wahyuni. "Rancangan Sistem Informasi Pendataan Keluarga Miskin Desa Klebet Kec. Kemiri." Jurnal Sisfotek Global 6.2 (2016).

Saputra, Ade, Dwi Kartini, and Oni Soesanto. "Rancang bangun sistem pendukung keputusan penentuan keluarga miskin." KLIK-KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER 2.1 (2016): 84-95.

Peraturan walikota Surabaya nomor 177 tahun 2022 tentang pengumpulan, pengolahan dan pemanfaatan data keluaga miskkin

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Ali Akbar, I., & Soesiantoro, A. (2024). IMPLEMENTASI APLIKASI SI KELUARGA MISKIN DALAM RANGKA MENEKAN ANGKA KEMISKINAN DI WILAYAH KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO KOTA SURABAYA. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 4(03), 12–17. https://doi.org/10.69957/abdimass.v4i03.1541

Issue

Section

Education for Sustainable Development