PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERATURAN DESA DI KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI JAWA TIMUR

Authors

  • Achluddin Ibnu Rochim Community of Research Laboratory, Surabaya

Keywords:

Peraturan Desa, Pemerintah Desa

Abstract

Banyak pembuatan Peraturan Desa yang dilakukan tidak didahului oleh kajian akademik. Konsekwensinya peraturan desa itu menjadi tidak sesuai secara sosiologis bahkan bertentangan dengan aturan perundangan yang derajatnya lebih tinggi. Berangkat dari dasar pemikiran tersebut maka mendesak agar dilakukan kegiatan pendampingan bagi Pemerintah Desa dalam melaksanakan penyusunan Peraturan Desa yang ideal. Metode kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan cara advokasi kisi-kisi baik pra penyusunan, sewaktu penyusunan, dan pasca penyusunan. Diharapkan dari kegiatan pendampingan penyusunan Peraturan Desa untuk Pemerintah Desa di Desa Nyawangan dan Purwodadi, Kecamatan Keras, Kabupaten Kediri, maka terdapat luaran berupa kepekaan aparat desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa, Tokoh Masyarakat; menambah pengetahuan aparat desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa dan Tokoh Masyarakat; mendorong kinerja secara sinergi antara aparat desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa dan Tokoh Masyarakat dalam menghasilkan peraturan desa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Achluddin Ibnu Rochim, Community of Research Laboratory, Surabaya

Dosen dan Penggiat Penelitian

References

Pemerintah Republik Indonesia (2014) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Sekretarian Negara Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Riyanto (2009). Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop dan Web, Gava Media, Yogyakarta.

Menteri Dalam Negeri RepublikIndonesia (2014), Permendagri No. 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa, Departemen Dalam Negeri, Jakarta.

Downloads

Published

2021-09-04

How to Cite

Ibnu Rochim, A. (2021). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERATURAN DESA DI KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI JAWA TIMUR. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 1(03), 24–31. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/154

Issue

Section

Education for Sustainable Development