PENYULUHAN LITERASI MEDIA DIGITAL: MENANGKAL BERITA HOAX DENGAN HUMOR

Authors

  • D. Jupriono Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Untag Surabaya
  • Ambar Andayani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bambang Sigit Pramono Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Untag Surabaya

Keywords:

literasi digital, media sosial, berita hoax, humor

Abstract

Literasi media masyarakat nitizen masih tergolong rendah. Sementara, setiap saat masyarakat nitizen diberondong oleh melimpahnya informasi melalui media sosial. Mengingat informasi di media sosial didominasi oleh berita hoax, dipandang sangat perlu literasi media masyarakat ditingkatkan agar mampu menilai dan mengenali kadar kebohongan (hoax) berita atau informasi yang diterimanya setiap saat di media sosial tersebut. Literasi media yang hendak diberikan adalah literasi digital (online), melalui kegiatan penyuluhan. Penyuluhan melalui media online ini juga dipilih karena kondisi pandemi Covid-19 masih mengancam masyarakat. Di samping itu, juga alasan praktis bahwa semua orang akrab dengan handphone android. Literasi media ini memanfatkan humor-humor di media sosial agar minat publik untuk selalu menilai informasi bisa dipertahankan dan kandungan nilai-nilai sosial di dalam humor tersebut bisa ditemukan untuk memperkaya wawasan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

D. Jupriono, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Untag Surabaya

Dosen,Peneliti, dan Penggiat Pengabdian Kepada Masyarakat 

Bambang Sigit Pramono, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Untag Surabaya

Dosen, Peneliti dan Penggiat Pengabdian Kepada Masyarakat

References

Jupriono, D. (2020). Humor Gus Dur, Multikulturalisme-inklusif vs Sektarianisme-Eksklusif. Opini Indonesia, 22 September 2020. https://opiniindonesia.com/2020/09/22/humor-gus-dur-multikulturalisme-inklusif-vs-sektarianisme-inklusif/ Akses 18 Mei 2021.

Jupriono, D. (2021). Humor hoax : Kritik sosial kepada penguasa. Opini Indonesia, 18 Mei 2021. https://opiniindonesia.com/2021/05/18/humor-hoax-kritik-sosial-kepada-penguasa/ Akses 18 Juli 2021.

Potter, J. (2019). Media literacy, 9th Edition. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: Sage Publication

scb.telkomuniversity.ac.id. (2020). Menangkal hoaks dengan literasi digital di New Normal. https://scb.telkomuniversity.ac.id/menangkal-hoaks-dengan-literasi-digital-di-new-normal/ Akses 2 Juli 2021.

Septianingrum, A. dkk (2018). Pengantar tata kelola internet: Seri literasi digital. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Silverblatt, A. (2014). Media literacy: Keys to interpreting media messages. 4th edition. London: Praeger.

Sutedjo, B. (2017). Pakar IT: Tangkal hoax dengan literasi media. https://www.kominfo.go.id/content/detail/9725/pakar-it-tangkal-hoax-dengan-literasi-media/0/sorotan_media. Akses 18 Mei 2021.

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

D. Jupriono, D. J., Andayani, A., & Sigit Pramono, B. (2021). PENYULUHAN LITERASI MEDIA DIGITAL: MENANGKAL BERITA HOAX DENGAN HUMOR. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 1(02), 40–48. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/128

Issue

Section

Education for Sustainable Development