PENGARUH KATA ‘SEDULURAN SELAWASE’ TERHADAP KINERJA KOPERASI PADA KOPERASI SAE PUJON MALANG JAWA TIMUR

Authors

  • Bambang Sigit Pramono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hamim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Koperasi, simbol verbal, persepsi masyarakat, seduluran selawase

Abstract

Studi ini menemukan konsep seduluran selawase sebagai simbol verbal yang digunakan sebagai alat memotivasi kinerja di koperasi SAE Pujon, Mlanag, Jatim.  Simbol verbal yang datang dari budaya masyarakat Jawa dalam mengelola interaksi sosial kemasyarakatan. Konsep pengelolaan interaksi ini merupakan realisasi budaya masyarakat Jawa yang telah ada dan terus berkembang hingga saat ini. Eksplorasi yang mendalam mengungkapkan tema-tema empiris yang menunjukkan strategi pengelolaan lembaga koperasi. Strategi ini menggambarkan persepsi masyarakat terhadap koperasi dimana dirinya sebagai pengguna (pasar), kekeluargaan yang gotong royong, media komunikasi sosial,  ruang paseduluran, jaringan informasi, pengetahuan, dan budaya. Temuan lain adalah peran anggota koperasi sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa usaha, yaitu sebagai pengendali secara fisik, wadah fungsi komersial, lingkungan sosial, dan realisasi budaya. Tema-tema empiris yang ditemukan kemudian dieksplorasi dengan analisis simbolik dan berhasil menemukan konsep seduluran selawase yang merupakan pemahaman masyarakat terhadap lembaga koperasi. Konsep ini merupakan dasar pemikiran dalam mengembangkan strategi untuk menjaga harmoni sosial dalam bermasyarakat. Konsep seduluran selawase ini berhasil menjaga eksistensi koperasi sebagai lembaga ekonomi berwatak sosial dan gotong royong di tengah dinamika    modernisasi kegiatan ekonomi dewasa ini.

Author Biographies

Bambang Sigit Pramono, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen Ilmu Komunikasi, Penggiat literasi media, Penggiat penelitian komunikasi, Penggiat Pengabdian kepada Masyarakat di Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Hamim, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen, Peneliti, dan Penggiat Pengabdian Kepada Masyarakat di Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anwar, M. A. (2016). Pengaruh Sumber Daya Internal, Budaya Organisasi dan Strategi Bersaing Terhadap Motivasi dan Kinerja Koperasi Simpan PinjamJombang. Malang : Desertasi Universitas Merdeka Malang.

Dehen (2012). Disertasi Aksi Interaksi dlm Konstruksi Partisipasi Masyarakat untuk Berkoperasi. (Kajian fenomenologi tindakan sosial masyarakat pada Credit Union “Betang Asi”, Palangkaraya), Unmer, Malang.

Dinas Koperasi dan UKM, (2018). Undang Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur. (2015). Rencana Strategi Tahun 2014 samapai 2019. Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Djalalludin Rahmad, (2012). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya, Bandung 40252.

Endang Muryani (2018). Disertasi Peran Pemerintah, OCB, dan Motivasi Kerja, Terhadap Kinerja Koperasi Wanita Melalui Partisipasi Anggota di Kabupaten Gresik, Unmer, Malang.

Kemeterian Koperasi dan UKM RI, (2018). Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 09 Tahun 2018 Tentang Pembinaan Perkoperasian, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Jakarta.

Koperasi SAE Pujon, (2019). Rapat Anggota Tahunan dan Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus dan Pengawas Tahun Buku 2018, Pujon, Kabupaten Malang. Provinsi Jawa Timur.

M.C. Sena Setyadi (2018), Disertasi Pengaruh Praktek Pengelolaan Sumberdaya Manusia, Kemampuan inovasi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Melalui Inovasi Organisasi Pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Timur, Unmer, Malang.

Mangkunegara, A. A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Edisi kesebelas). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lixy. J. 1991. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmat Kriyantono, Ph D, (2014). Tehnik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media, Jakarta.

Rosady Ruslan, SH, MM, (2012). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rumengan, S. R. (2016). Peran Pemerintah Meningkatkan Partuisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Toundano Satu Kecamatan Toluan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Eskutif, ol 1, No 7.

Rusli Nasrullah, (2012). Komunikasi Antar Budaya. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Rusyana, R., Fathoni, A., &Warso, M. M. (2016) Pengaruh Partisipasi Komitmen Dan Kemmpuan Inovasi Anggota Terhadap Arah Pembangunan Koperasi. Journal Of Management, Maret Vol2, No2.

Suwarsono, Alvin Y So, (2013). Perubahan Sosial dan Pembangunan. Pustaka LP3ES, Jakarta

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Sigit Pramono, B., & Hamim, H. (2022). PENGARUH KATA ‘SEDULURAN SELAWASE’ TERHADAP KINERJA KOPERASI PADA KOPERASI SAE PUJON MALANG JAWA TIMUR . RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 2(01), 54–71. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/relasi/article/view/312

Issue

Section

Komunikasi