“BELI KOPI” MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN

Authors

  • Akhmad Saifuddin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Brand Image, Marketing Mix, Promotion Mix, Strategi Komunikasi Pemasaran

Abstract

Seiring perkembangan zaman, bisnis minuman kopi telah berubah saat ini. Di Indonesia dapat ditemukan berbagai macam olahan kopi, salah satunya adalah kopi kekinian yang menjadi fenomena saat ini. Meningkatnya kedai kopi modern di Indonesia sangat fenomenal dan ini bisa dilihat tersebar di mana-mana. Konsekwensinya adalah tingkat persaingan ketat pun terjadi, hal mana menjadikan setiap brand kopi kekinian berkompetisi membangun brand image sebagai pembeda dengan brand kopi kekinian lainnya. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana “Beli Kopi” menerapkan strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand image. Pendekatan deskriptif kualitatif dipilih sebagai suatu metode kajian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam kepada  pihak-pihak perwakilan dari “Beli Kopi”. Hasil studi memperlihatkan bahwa “Beli Kopi” telah melaksanakan strategi komunikasi pemasaran dalam membentuk brand image. “Beli Kopi” menggunakan strategi mix media seperti media sosial dan media cetak dan strategi differensiasi produk dengan memberikan tawaran harga, produk, dan promosi yang berbeda dengan brand kopi kekinian lainnya. Semua aktivitas pemasaran yang dilakukan “Beli Kopi” dalam menjalankan strateginya yaitu dengan periklanan menggunakan media cetak seperti spanduk, banner, dan pamflet. “Beli Kopi” juga menggunakan media sosial instagram dalam melakukan aktivitas promosi terkait produk-produk yang mereka jual. Selain itu, “Beli Kopi” juga melakukan kerja sama dengan aplikasi pihak ketiga seperti Gofood, Grabfood, dan Shopee.

Author Biography

Akhmad Saifuddin, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Aryani, D. I. (2019). Tinjauan Sensory Branding dan Psikologi Desain Kedai Kopi Kekinian Terhadap Perilaku Konsumen. Waca Cipta Ruang, 5(1), 330–336. https://doi.org/10.34010/wcr.v5i1.1436

Belch, George E., Belch, Michal, A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 8 th Edition. New York: Pearson Education.

Bogdan dan Taylor. (2012). Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. (him. 4). Jakarta: Rineka Cipta.

Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Parsada.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran Jilid 2: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management ; Building, Measuring, And Managing Brand Equity. (Fourth Edition Harlow Ed.). English: Pearson Education, Inc.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram. Communication, Universitas Pembangan Nasional “Veteran” Jakarta, 8 (April), 51–65.

Soepriyanto, H. J., Christiana, M., & Harianto, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Impresi Konsumen Pada Kedai Kopi Kekinian Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/jmp.7.1.42-48

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, L., & Anggia Rizka, L. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 8 No . 1 Februari 2021 E - ISSN PELANGGAN Oleh : Amna Mawardi Program Studi Manajemen – STIE DR KHEZ Muttaqien. 8(1).

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Saifuddin, A. (2022). “BELI KOPI” MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 2(01), 1–8. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/relasi/article/view/270

Issue

Section

Komunikasi