PENGGUNAAN GAME BLOOKET DI WEBSITE SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 19 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.69957/relasi.v5i03.1846Keywords:
Booklet, Game Edukasi, Motivasi Siswa, Pembelajaran InteraktifAbstract
Pembelajaran di era digital menuntut inovasi yang mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas platform pembelajaran berbasis permainan, Blooket, dalam mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 8A SMP Negeri 19 Surabaya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengukur peningkatan pemahaman, motivasi, dan interaksi siswa menggunakan metode pengisian kuesioner sebagai pengukuran awal (Pre-test) dan pengukuran setelah mengikuti kegiatan (Post-test) . Subjek penelitian terdiri atas 35 siswa yang dikelompokkan dalam format kompetisi menggunakan Blooket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan motivasi siswa, dengan skor rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test. Meskipun terdapat kendala seperti antarmuka berbahasa Inggris dan kebutuhan koneksi internet stabil, hambatan ini dapat diatasi melalui strategi adaptif, seperti panduan berbahasa Indonesia dan optimalisasi perangkat. Penelitian ini membuktikan bahwa Blooket merupakan alat pembelajaran inovatif yang efektif dan relevan untuk mendukung pendidikan abad ke-21.
References
Wandira, I., Hardin, & Ngandoh, S. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Game Edukasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 876-882.
Nugroho, F. H., & Romadhon, S. (2022). Minat Peserta Didik MTsN 3 Banyuwangi dalam Gim Blooket pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 10(2), 153-160. https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.299(Website )
Maulana, H. S., & Arini, N. W. (2024). Pengembangan Media Blooket Web Game untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Kelas I Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1547-1551. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1157(“Website,” n.d.)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Krisnawati; Rachmad Rizal Prabowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang manuskripnya diterbitkan akan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
Hak untuk publikasi semua materi jurnal yang diterbitkan di situs web RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi dipegang oleh dewan editorial dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap menjadi milik penulis).
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons-NonCommercial-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA), yang berarti RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap mempertahankan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.
Naskah yang dicetak dan diterbitkan secara elektronik adalah akses terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran undang-undang hak cipta.