IMPLEMENTASI BEDAH BUKU TERHADAP LITERASI DAN CARA KOMUNIKASI SISWA PADA PROGRAM SURABAYA MENGAJAR (PSM) DI SDN BARATAJAYA KOTA SURABAYA

Authors

  • Bagus Indaryanto Putra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Kun Muhammad Adi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.69957/relasi.v4i04.1672

Keywords:

Komunikasi, Literasi, Siswa, Kritis, Bedah Buku

Abstract

Mengajar bisa diartikan sebagai  suatu aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa dengan cara menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif untuk melakukan proses belajar. Pada Program Surabaya Mengajar mahasiswa diberikan sebuah ajang untuk memberikan sebuah inovasi dan pengelaman yang baik untuk memperkaya pengetahuan siswa maupun mahasiswa. Program Surabaya Mengajar dijadwalkan berlangsung antara Februari hingga Juni 2024, yang  terletak di SDN Baratajaya. Tujuan utama dalam program tersebut, adalah untuk membantu para guru dalam mengatasi berbagai tantangan, termasuk pada bidang literasi siswa, pelancaran siswa dalam komunikasi, dan literatur siswa. Tujuan dari Program Surabaya Mengajar ini adalah untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang diperoleh selama perkuliahan dan berkontribusi untuk menerapkan Program Bedah Buku pada SDN Baratajaya. Metode pelaksanaan pada program Bedah Buku meliputi persiapan siswa terhadap pemikiran kritis pada buku yang mereka baca, sosialisasi program Bedah Buku manfaat dan implementasi terhadap kehidupan sosial, wawancara, dan pengamatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa kegiatan sosialisasi dan pendampingan pada program Bedah buku untuk siswa SDN Baratajaya berhasil meningkatkan literasi, berpikir kritis, dan komunikasi terhadap beberapa buku yang telah dibedah. Inovasi ini telah diterima dengan baik oleh siswa dan para guru yang ada pada SDN Baratajaya. Karena dengan tujuan meningkatkan literasi, berpikir kritis, dan komunikasi inovasi tersebut memberikan dampak positif yang sangat banyak juga antara lain menanamkan kepercayaan diri dalam berpikir dan menjawab, meningkatkan keakraban antar siswa dan guru, kelancaran komunikasi para siswa yang baik dan benar.

References

Meiliana, S. (2019). Peer Review Buku Referensi Sociology of Literature.

Syahid, A. A. (2016). Resensi buku: Membuka pemikiran baru tentang belajar dan pembelajaran. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 111-119.

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Putra, B. I., & Adi, K. M. (2024). IMPLEMENTASI BEDAH BUKU TERHADAP LITERASI DAN CARA KOMUNIKASI SISWA PADA PROGRAM SURABAYA MENGAJAR (PSM) DI SDN BARATAJAYA KOTA SURABAYA. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 4(04), 124–131. https://doi.org/10.69957/relasi.v4i04.1672