MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERAKTIF DI GRANDE GARDEN CAFE

Authors

  • Revina Widya Rahmau'dina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Marcellino Fredico Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adi Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.69957/relasi.v4i03.1613

Keywords:

Media Sosial, Komunikasi, Instagram, Interaktif, Konten

Abstract

Media sosial merupakan sarana komunikasi Dimana khalayak bisa berbagi pikiran, ide, dan pengalaman mereka terhadap orang lain. Dengan platform media elektronik yang modern, dapat mempostingnya dan dilihat oleh publik. Media sosial kini berfungsi sebagai alat komunikasi publik dan interaksi dalam sehari-hari. Dengan berjalannya waktu dan semakin hadir teknologi modern yang canggih, komunikasi dilakukan secara online melalui media sosial. Selain itu, media sosial juga dapat membantu untuk mempromosikan bisnis seacara efektif dan platform bisnis dengan target audiens yang cukup luas. Media sosial Instagram yang digunakan untuk berinteraksi dengan rekan dekat hingga khalayak yang lebih luas merupakan sasaran yang tepat untuk mempromosikan bisnis pada media sosial. Instagram sendiri merupakan layanan jejaring sosial foto dan video yang dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike. Apikasi instagram sendiri hal yang penting untuk komunikasi dan interaksi di dunia maya. Media interaktif mengacu pada cara memproses dan mengolah berbagai informasi sehingga tersebar luas dan dikenal oleh pengguna media sosial Instagram itu sendiri. Maka media sosial instagram digunakan komunikasi yang interaktif dalam pemasaran Grande Garden Café. Teori IMC digunakan untuk penelitian kualitatif yangi bertujuan untuk mengetahui media sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Interaktif di Grande Garden Café. Metode yang digunakan yaitu kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui engangement promosi melalui konten yang telah diunggah di Instagram. Hasil yang ditujukan merupakan ada pengingkatan interaksi antara akun Instagram Grande Garden Café dan khalayak luas. Faktor kunci keberhasilan dalam interaktif merupakan konten yang dibungkus dengan interaksi antar khalayak dan kesimpulan pada penelitian ini merupakan komunikasi interaktif dengan konten yang dibuat untuk menarik khalayak agar melakukan interaksi dan mendapatkan feedback.

References

Ardelia, I., & Sukendro, G. (2019). Komunikasi Interaktif Nikon Ambassador Dalam Mempertahankan Citra Merk (Studi Kasus Akun Sosial Media Instagram @sukiminthio). Jurnal Komunikasi Interaktif, 366.

Antasari, C., & Renystiyah Dw, P. (2022). PEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI BABAKKEROYOKAN DI KOTA PALU. Program Studi Ilmu Komunikasi , 180.

kartini, syahrina, j., siregar, n., & harahap, n. (2022). PENELITIAN TENTANG INSTAGRAM. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 20.

Ramadhan, Y. (2019). REVIEW JURNAL IMC EDUCATION AND DIGITAL DISRUPTION. Fakultas Ekonomi dan Management, 1.

Ramadhan, Y. (2019). REVIEW JURNAL IMC EDUCATION AND DIGITAL DISRUPTION . SEKOLAH PASCASARJANA FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN NSTITUT PERTANIAN BOGOR, 4.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Rahmau’dina, R. W., Fredico, M., & Pradana, B. C. S. A. (2024). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERAKTIF DI GRANDE GARDEN CAFE. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 4(03), 11–18. https://doi.org/10.69957/relasi.v4i03.1613