PELAKSANAAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA SEBAGAI UPAYA TERWUJUDNYA PILAR SOSIAL, EKONOMI, DAN LINGKUNGAN

Authors

  • Laifa Qodariyanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Arif Darmawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yusuf Hariyoko Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Perusahaan Daerah, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya

Abstract

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan sebuah agenda yang dicanangkan pada tahun 2030 dan dirilis pada tanggal 25 September 2015 dengan tujuan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan, mempertahankan keberlangsungan hidup sosial rakyat, menjadi proteksi bagi keadaan lingkungan sekitar, serta mempromosikan pembangunan yang menyeluruh serta tata kelola yang dapat mempertahankan tingkat penambahan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi yang akan datang. Rencana aksi SDGs diprakarsai oleh Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Pemerintah mendorong semua sektor untuk membantu mencapai SDGs, termasuk sektor Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, sebagai salah satu perusahaan daerah di Kota Surabaya, bertanggung jawab dalam menyediakan layanan air bersih untuk kebutuhan masyarakat dalam suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kontribusi PDAM Surya Sembada dalam mencapai SDGs di sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa PDAM berperan dalam mencapai tujuan SDGs yang ditetapkan oleh pemerintah. Di sektor sosial, PDAM telah meluncurkan program bantuan pendidikan bagi siswa Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan memberikan bantuan uang SPP selama 3 tahun di beberapa SMP di Kota Surabaya. Di sektor ekonomi, distribusi air PDAM untuk sektor usaha kecil dan besar di Kota Surabaya telah meningkat dalam 5 tahun terakhir. Selain itu, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya juga telah memperhatikan aspek lingkungan dalam operasionalnya dengan melakukan evaluasi dampak lingkungan (AMDAL) serta tidak menggunakan air tanah sebagai sumber air.

Author Biographies

Laifa Qodariyanti, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Arif Darmawan, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Yusuf Hariyoko, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Kementerian PPN. (2020). Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi - Edisi II Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). Kementerian PPN.

Rofifah, D. (2020). Badan Usaha Milik Daerah. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Bimantoro, P. (2016). Membangun Aplikasi Mobile Pemandu Wisata Kebun Binatang Bandung Berbasis Android. Elib.Unikom, (July), 1–23.

Di, B., Lombok, P., Hakim, P. A., Si, M., Sos, S., Si, M., & Ph, D. (2018). Perencanaan pembangunan pariwisata berkelanjutan di pulau lombok.

Meirinawati. (2020). Strategi Pengembangan Wisata Puncak Tapan Andongsari Oleh BUMDES Ngandong Jaya Makmur Di Desa Ngandong Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban. Publika, 8(5), 1–10.

Gunadi, N. P. B. E. P. (2019). Pengaruh sektor pariwisata terhadap kemiskinan di provinsi bali. Universitas Brawijaya, 1–14.

PPN/Bappenas, K. (2020). Pilar Pembangunan Ekonomi.

Zaini, I. F. (2021). Kebijakan Sustainable Goals (SDGS) dalam Penggulangan Kemiskinan Masyarakat Desa.

Nur, S., & Luthfiyah, A. (2022). EKONOMI MASYARAKAT KAMPUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS ( SDGS ) DALAM PENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JUNI 2022 Tesis dengang judul “ Analisis Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kampung Sustainable Development Goals ( SDGs ) Dalam Peningkatkan.

Muzdalifa, F. (2022) Paradiplomasi pemerintah kabupaten bintan dalam mendorong pengembangan.

Mubarok, H. A. (2022). IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DALAM BIDANG KESEHATAN PENCEGAHAN STUNTING DI DESA TANETE KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN GOWA.

Diana, L. R. (2022). IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN EKONOMI BERBASIS SDGs MELALUI PENGEMBANGAN ECO FOOD PADA KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI DI DESA BINOR KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO

Rusli, H. (2022). SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DAN UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN PROVINSI SULAWESI SELATAN

Bhayu Pratama, N., Priyo Purnomo, E., & Agustiyara. (2020). SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora Sustainable Development Goals (SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2), 64–74.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Qodariyanti, L., Darmawan, A., & Hariyoko, Y. (2023). PELAKSANAAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA SEBAGAI UPAYA TERWUJUDNYA PILAR SOSIAL, EKONOMI, DAN LINGKUNGAN. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 3(01), 87–93. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/985

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK