PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KECAMATAN TIKUNG KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • Moch Sahrul Dwi Setiawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agus Sukristyanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yusuf Hariyoko Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Dana Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Jatirejo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat khusunya di Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Fokus pembahasan dalam penelitian ini menjacup dua bagian yakni pertama, Inovasi sosial yang digerakan oleh warga atau masyarakat desa, sehingga mereka dapat menggerakan proyek-proyek yang juga memobilisasi dan memanfaatkan pendanaan dan pengelolaan. Kedua, Peran organisasi publik, kebijakan pembangunan khususnya dapat mempengaruhi strategi lokal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan metode pengambilan data wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah inovasi desa dalam pemanfaatan dana desa yang pertama melakukan program pembangunan desa dan program pemberdayaan masyarakat. Sehingga peran organisasi publik dalam membengaruhi strategi lokal menghasilkan sosialisasi dan bimbingan teknis, penyertaan modal BUMDesa, kegiatan PKK dan posyandu dan pemberdayaan sosial.

Author Biographies

Moch Sahrul Dwi Setiawan, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Agus Sukristyanto, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Yusuf Hariyoko, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Ara Lili, Marselina. (2018). ”Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Masyarakat di Desa Magmagen Karya, Kecamatan Lumar. Artikel Ilmiah Universitas Tanjung Pura.

Indarwatim S. M. (2017), Buku Pintar Dana Desa, Jakarta: Kementrian Keuangan.

Mustangin, dkk. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Di Desa Bumiaji, dalam Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, Vol. 2 No. 1.

Nugroho J. S, 2003, Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Prenada Media, Jakarta.

Puspawijawa, Andrian. (2016). Pengelolaan Keuangan Desa. Bogor: Pusan Pendidikan dan Pelatian Pengawasan BPKP

Suliyanto, (2009). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Aditya Media.

Ulumiyah, Ita. (2013), Peran Pemerintah Desa dalam Memberdayakan Masyarakat Desa (Studi Pada Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Publik Universitas Brawijawa Malang

Ulum, I dan A. Juanda, (2016). Metode Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: Aditya Media.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Sahrul Dwi Setiawan, M., Sukristyanto, A., & Hariyoko, Y. (2023). PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KECAMATAN TIKUNG KABUPATEN LAMONGAN. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 3(01), 78–86. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/984

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK