OPTIMALISASI PROGRAM KALIMASADA DENGAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA DI KELURAHAN WARUGUNUNG SURABAYA

Authors

  • Tria Febyana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Roisul Basyar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Administrasi Kependudukan, Inovasi, Optimalisasi, KALIMASADA

Abstract

Pemerintah bertanggung jawab atas pelaksanaan pelayanan kependudukan, yang dimulai dari kelurahan sebagai ujung tombak pelayanan kependudukan kepada masyarakat, hingga mencapai lingkup yang lebih luas yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, pelayanan kependudukan harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Dalam melakukan pelayanan kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya mencipatakan inovasi yang baru untuk memudahkan warganya dalam mengurus administrasi kependudukan. KLAMPID pertama kali diluncurkan pada tahun 2021, hingga saat ini telah mengalami beberapa perubahan dan menghasilkan inovasi terbaru berupa aplikasi bernama KNG (Klampid New Generation). Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah tersedianya data kependudukan yang mutakhir. Peserta MSIB terlibat dalam optimalisasi dan perkembangan program KALIMASADA yang berjalan, sebagai pendamping masyarakat agar sadar administrasi kependudukan. Pelaksanaan program KALIMASADA (Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan) melalui penggunaan aplikasi KNG (Klampid New Generation) terbukti dapat meningkatkan pemutakhiran data kependudukan di Kota Surabaya Tentunya pelaksanaan optimalisasi program KALIMASADA ini dapat meningkatkan komitmen, partisipasi, serta kesadaran warga dalam mengurus atapun memperbarui secara berkala administrasi kependudukannya.

Author Biographies

Tria Febyana, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Muhammad Roisul Basyar, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Agus Dwiyanto, (2006), “Mewujudkan Good Governance Melalui Reformasi Pelayanan Publik” dalam Suparto Wijiyo (editor), Pelayanan Publik Dari Dominasi ke Partisipasi, Surabaya: Airlangga University Press.

Agung, R., & Aziz, R. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E- Government : Studi tentang Pelayanan Akta Kelahiran melalui e- Lampid Kota Surabaya. 2(3), 211-220.

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Kurniawan, Agung. (2005), Transformasi Pelayanan Publik, Yogyakarta, Liberty.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Kedua. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sector Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Moleong, Lexy. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permata, A. P., & Widiyarta, A. Inovasi Pelayanan Publik Melalui KALIMASADA (Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Jurnal AKTUAL, 20(2).

Sinambela. (2007). Kualitas Pelayanan Prima.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Febyana, T., & Roisul Basyar, M. (2023). OPTIMALISASI PROGRAM KALIMASADA DENGAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA DI KELURAHAN WARUGUNUNG SURABAYA. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 3(01), 70–77. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/981

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK