IMPLEMENTASI PROGRAM KALIMASADA MELALUI APLIKASI KLAMPID NEW GENERATION

DI KANTOR KELURAHAN PAGESANGAN KOTA SURABAYA

Authors

  • Makhrita Mufidah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dida Rahmadanik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Implementasi,, Program Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Adminduk (Kalimasada), Klampid New Generation

Abstract

Penelitian tentang implementasi Program Kalimasada melalui aplikasi Klampid New Generation untuk mengetahui bagaimana implementasi program Kalimasada melalui suatu aplikasi yang disebut dengan Klampid New Generation (KNG) yang ada di Kantor Kelurahan Pagesangan Kota Surabaya mengingat tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap administrasi kependudukan. Dalam implementasi program KALIMASADA melalui Klampid New Generation (KNG) yang ada di Kantor Kelurahan Pagesangan Kota Surabaya. Dalam penelitian ini dilakukan dengan sistem penelitian kualitatif dan mengumpulkan data-data seperti wawancara beberapa pihak, observasi, serta dokumentasi. Melalui penelitian ini diketahui implementasi program KALIMASADA melalui aplikasi Klampid New Generation di Kantor Kelurahan Pagesangan Kota Surabaya sudah termasuk terlaksana dengan cukup baik dikarenakan sudah tepat dengan tiga sudut pandang implementasi oleh Ripley dan Franklin (1986), antara lain (1) Dari tingkat kepatuhan, dimana di dalamnya memerintah langsung pemerintahan yang ada dibawahnya, yaitu kelurahan supaya segera melakukan penyuluhan dengan Ketua RT supaya Program Kalimasada dapat terealisasi dengan baik. (2) Lancarnya rutinitas fungsi, dimana selama proses pelaksanaan program tidak ada kendala yang dihadapi. (3) Terwujudnya kinerja dan dampak yang dikehendaki, dimana dalam hal ini dilihat dari output adanya program kalimasada yang sudah mulai tercapai dengan baik, serta menimbulkan dampak yang baik juga bagi warga sekitar.

Author Biographies

Makhrita Mufidah, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Civitas Akademika di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,

 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dida Rahmadanik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Anis, Irawani, Jaelan Usman, and Sitti Rahmawati Arfah. 2021. “Efektivitas Program Pelayanan Kolaborasi Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa.” E-Journal UNIMUS 2, 3: 1105–16.

Gmbh, Springer-verlag Berlin Heidelberg. 2016. “済無No Title No Title No Title,” 1–23.

Indonesia, Presiden Republik. 2009. “UU RI No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.” Lembaran Negara RI Tahun 2009. Sekretariat Negara. Jakarta 2003 (1): 20–28.

Pegirian, Kelurahakan, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya Krisna Syarif Hidayatulloh, and Muhammad Roisul Basyar. 2023. “Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi KNG (Klampid New Generation) Di Kota Surabaya.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2 (2): 733–40.

Purnamawati, Diah, Hirshi Anadza, and Suyeno. 2022. “EFEKTIVITAS PROGRAM APLIKASI SISTEM INFORMASI MOJOKERTO DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto).” Jurnal Respon Publik 16 (6): 11–18.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Mufidah, M., & Rahmadanik, D. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM KALIMASADA MELALUI APLIKASI KLAMPID NEW GENERATION: DI KANTOR KELURAHAN PAGESANGAN KOTA SURABAYA. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 3(01), 32–38. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/968

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK