EFEKTIFITAS PROGRAM KALIMASADA MELALUI APLIKASI KLAMPID NEW GENERATION

DIKELURAHAN KLAMPIS NGASEM, KOTA SURABAYA

Authors

  • Tiara Tri Setiyowati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ghulam Maulana Ilman Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Klampid New Generation, Efektivitas, Program Kalimasada

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara demokrasi pasti pelayanan publik yang ada didalamnya harus berjalan sesuai dengan Undang-Undang. Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 mengatur tentang pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan yaitu masyarakat yang diselenggarakan oleh penyelenggara layanan karena seluruh warga wajib mendapatkan pelayanan publik secara adil dan negara wajib untuk menyelenggarakan sejumlah pelayanan. Zaman yang semakin berkembang di era globalisasi saat ini memerlukan perkembangan aplikasi untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan publik. aplikasi yang diluncurkan pemerintah Kota Surabaya yaitu Klampid New Generation dan membuat program Kalimasada. program Kalimasada ditujukan agar pemerintah Kota dapat menjangkau tatanan paling rendah yaitu masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu mendatangi kantor Kelurahan Klampis Ngasem hanya perlu mendatagi RT Kalimasada untuk mengurus Adminduk seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA, KTP, Update KK dan beberapa pelayanan lainnya. Dapat dilihat dari magang selama 4 bulan Berjalannya program Kalimasada yang dibantu aplikasi Klampid New Generation sehingga efektifitas program Kalimasada dinilai kurang efektif karena dinilai dari 5 Indikator menurut sutrisno yaitu : pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata sehingga solusi yang diberikan yakni dengan memberikan pemahaman melalui sosialisasi program Kalimasada dan penggunaan aplikasi Klampid New Generation yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memerikan pemahaman kepada masyarakat agar program ini dapat mencapai tujuan pelayanan publik yang efektif, efisien dan bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) bila masyarakat puas maka program tersebut akan semakin berjalan efektif

Author Biographies

Tiara Tri Setiyowati , Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

civitas akademika di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Ghulam Maulana Ilman, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Anis, Irawani, Jaelan Usman, and Sitti Rahmawati Arfah. 2021. “Efektivitas Program Pelayanan Kolaborasi Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa.” E-Journal UNIMUS 2, 3: 1105–16.

Gmbh, Springer-verlag Berlin Heidelberg. 2016. “済無No Title No Title No Title,” 1–23.

Indonesia, Presiden Republik. 2009. “UU RI No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.” Lembaran Negara RI Tahun 2009. Sekretariat Negara. Jakarta 2003 (1): 20–28.

Pegirian, Kelurahakan, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya Krisna Syarif Hidayatulloh, and Muhammad Roisul Basyar. 2023. “Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi KNG (Klampid New Generation) Di Kota Surabaya.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2 (2): 733–40.

Purnamawati, Diah, Hirshi Anadza, and Suyeno. 2022. “EFEKTIVITAS PROGRAM APLIKASI SISTEM INFORMASI MOJOKERTO DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto).” Jurnal Respon Publik 16 (6): 11–18.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Setiyowati, T. T., & Maulana Ilman, G. (2023). EFEKTIFITAS PROGRAM KALIMASADA MELALUI APLIKASI KLAMPID NEW GENERATION : DIKELURAHAN KLAMPIS NGASEM, KOTA SURABAYA. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 3(01), 26–31. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/967

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK