EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PELAYANAN SAYANG WARGA DI BALAI RW

STUDI KASUS KELURAHAN RUNGKUT MENANGGAL

Authors

  • Fara Dina Zachrawan universitas 17 agustus 1945 surabaya
  • Muhammad Roisul Basyar universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

efektivitas, implementasi, balai RW

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi Pelayanan Sayang Warga di Balai RW Kelurahan Rungkut Menanggal. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, program Pelayanan Sayang Warga di Balai RW Kelurahan Rungkut Menanggal dapat dikatakan efektif karena telah memberikan manfaat bagi warga, terutama dalam hal pengadaan dan pemeliharaan fasilitas publik seperti jalan, taman, dan lapangan.Namun, masih terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi, seperti kurangnya sosialisasi tentang program Sayang Warga dan kurangnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan program. Oleh karena itu, perlu adanya upaya yang lebih intensif dalam sosialisasi program Sayang Warga agar masyarakat dapat memahami manfaat dari program ini dan mekanisme yang lebih transparan dan akuntabel dalam pengelolaan program ini.Dalam implementasi program Pelayanan Sayang Warga, faktor budaya dan sosial juga mempengaruhi efektivitas program. Pola pikir dan budaya yang berbeda di antara warga dapat mempengaruhi persepsi tentang program dan partisipasi dalam program. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memperhatikan faktor budaya dan sosial dalam lingkungan RW.

Author Biographies

Fara Dina Zachrawan, universitas 17 agustus 1945 surabaya

civitas akademika di program studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Politik Dan Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Muhammad Roisul Basyar, universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di program studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Politik Dan Ilmu Sosial, 

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Fitriani, Y. (2020). Efektivitas Program Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (Aspdb) Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Analisis Sosial Politik, 4(2), 96-102.

Latif, U., & Syarif, M. (2019). Urgensi Layanan Konseling Bagi Wanita Binaan (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iii Sigli). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 5(2), 21-36.

Marpaung, P., & Hulu, G. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Sosial Dan Pembinaan Terhadap Perilaku Anak Asuh. Jurnal Governance Opinion, 4(1), 67-84.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285-312.

Wibiksana, I. G., Lestary, D., Azmi, A. U., Nugroho, D. S., & Insan, H. (2019). The Implementation Of E-Government Implementation Policy In Sayang Village, Sumedang District. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 7(1), 91-110.

Yanlua, S. Z. (2017). Efektivitas Penerapan Hukum Terhadap Tindak Pidana Kesusilaan Yang Dilakukan Anak Di Bawah Umur Di Pengadilan Negeri Makassar. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(2), 297-309.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Dina Zachrawan, F., & Roisul Basyar, M. . (2023). EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PELAYANAN SAYANG WARGA DI BALAI RW : STUDI KASUS KELURAHAN RUNGKUT MENANGGAL. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 3(01), 1–7. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/963

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK