UPAYA DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO DALAM PENGEMBANGAN UMKM

Authors

  • Agustin Ainur Rohmah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Achluddin Ibnu Rochim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagoes Soenarjanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Dinas Koperasi, Pengembangan UMKM, Sumber Daya Manusia

Abstract

Upaya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam pengembangan Umkm salah satunya dengan cara meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan kerja terutama pengrajin Batik Tanjungbumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang upaya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam pengembangan UMKM Kabupaten Bangkalan pada sektor batik.Penelitian yang digunakan dalan penelitian ini metode kualitatif, penelitian untuk mendeskripsikan  tentang fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data dengan observasi,dokumentasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa upaya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam  Pengembangan UMKM Kabupaten Bangkalan dapat dilakukan melalui beberapa metode pelatihan,pemasaran dan pengembangan Sumber Daya Manusia.

References

Ahmadi Abu dan Narbuko (1988) Metodologi Penelitian [Buku]. - Jakarta:Bumi.Aksara : [s.n.]. - Vol. 83.

Balkis Fani (2019) Strategi pemberdayaan masyarakat melali usaha mikro kecil dan menengah [Buku]. - Riau : [s.n.]. - Vol. 2.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menenggah (2020) Peraturan Usaha Simpan Pinjam Koperasi [Buku]. - Jawa Timur : [s.n.]. - Vol. 98

Marcelina (2012) UMKM Usaha Mikro Kecil dan Menengah [Jurnal]. - hal. 17.

Sujono A.,& Nugroho,T (2008). Paradigma, Model, Pendekatan dan pemberdayaan masyarakat di Era Otonomi Daerah [Buku]. - Malang : Bayumedia. - Vol. 25 : hal. 25.

Downloads

Published

2021-05-23

How to Cite

Agustin Ainur Rohmah, Achluddin Ibnu Rochim, & Bagoes Soenarjanto. (2021). UPAYA DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO DALAM PENGEMBANGAN UMKM. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 1(01), 180–186. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/83

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK