PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (BSPS) DI DESA LAMABAYUNG KECAMATAN ILE BOLENG KABUPATEN FLORES TIMUR - NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Edisusanto Roman Nama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Indah Murti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Izin mendirikan Bangunan, Bantuan Perumahan Swadaya

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh laporan pengembangan masyarakat bahwa desa Lamabayung telah mendapat dukungan pemerintah untuk merenovasi rumah masyarakat dengan kemajuan yang sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengelolaan BSPS Kabupaten Flore Timur dan faktor-faktor yang mempermudah dan membatasi penyelenggaraannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data primer, wawancara pengelola program yaitu Kementerian Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Flores Timur dan penerima manfaat program adalah Desa Lamabayung. Data diperoleh dari dan data sekunder melalui penelitian kepustakaan sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teori manajemen menurut George R.Terry. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan Program Stimulus Perumahan Swadaya (BSPS) Dinas Perumahan, Lingkungan Hidup dan Pertanahan kabupaten Flores Timur pada Desa Lamabayung melalui perencanaan, pengorganisasian, pergerakan/pelaksanaan dan pengawasan sudah terlaksana dengan baik. Adapun faktor pendukung dalam pengelolaan ini adalah tingginya partisipasi pemerintah desa Lamabayung serta masyarakatnya. sedangkan faktor penghambatnya adalah keterlambatan pendropingan Bahan dan kurangnya tenaga kerja.

Author Biographies

Edisusanto Roman Nama, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Indah Murti, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Aceng Ulumudin, N., Karmila, M., & Amrilah, R. R. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 11(2), 1–8.

Annisa Rahmah. (2016). Analisis Tingkat Kemiskinan DKI Jakarta. Fakutas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.

Dunn, W.N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik (edisi ke-2). Pers Universitas Gadjah Mada.

Fayol, H. (2010). Manajemen hubungan masyarakat. PT.ElexMedi.

Fitriani, A. (Pada 2020). Peran Dinas Perumahan Rakyat dan Perumahan Panitia Partai Provinsi Lampung Tengah dalam memberikan dukungan perumahan mandiri memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah. Universitas Lampung.

Handoko, T.H. (2009). Manajemen (edisi ke-20). BPE.

Mamangkey, A., Lumolos, J. dan Pemana, F. (2019). Pelaksanaan Program Dukungan Stimulus Perumahan Mandiri (BSPS) di Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Universitas Sam Ratulangi.

Miles, Huberman, & Saldjana. (2014). Analisis Data Kualitatif Edisi Ketiga. Indonesia University Press.

Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Muchtar, S. Al. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Gelar Pustaka Mandiri.

Mukhlis, S., Siam, N. U., & Junidar. (2021). Evaluasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Pada Kelurahan Tanjung Unggat. Jurnal Ilmu Sosial Dan …, 2(2), 445–460.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Patimah, S. H. (2012). Pengelolaan Perpustakaan Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Kepegawaian Bab IV Pasal 11 ayat (1). (Pada 2022). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bab IV Pasal 11 ayat (1) tentang Pengoperasian dan Pemeliharaan. Pemerintah Indonesia.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Alfabeta.

Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed. Methods). Alfabeta.

Sukarna. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. CV. Mandar Maju.

UU No.1 Tahun 2011. (2011). UU Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Pemerintah Indonesia.

Wendri, S. (2018). Analisis Pengelolaan Perpustakaan Daerah di Kabupaten Kuntan Singing. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riua.

Widayanti, R., & Rosdiana, W. (2019). Evaluasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2022-05-05

How to Cite

Roman Nama, E., & Murti, I. (2022). PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (BSPS) DI DESA LAMABAYUNG KECAMATAN ILE BOLENG KABUPATEN FLORES TIMUR - NUSA TENGGARA TIMUR. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 2(03), 98–111. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/771

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK