IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENATAAN MINIMARKET DI KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Muhammad Israa Firman Yulianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Penataan, Minimarket, Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Penataan Minimarket Di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menganalisis pelaksanaan penataan minimarket di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Penataan Minimarket Di Kabupaten Sidoarjo bahwa pelaksanaan kebijakan tentang penataan minimarket di Kabupaten Sidoarjo masih belum optimal, karena keseluruhan dari isi kebijakan ataupun Perda Sidoarjo Nomor 10 Tahun 2019 belum dapat dijalankan. Hal tersebut disebabkan terkait kurangnya pengawasan terhadap pelaku usaha minimarket serta sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Rekomendasi dari peneliti agar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan stakeholder  lainnya diharapkan lebih memperhatikan lagi tentang penataan minimarket yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo yang saat ini sudah menjamur dimana-mana, terlebih peran dari pemerintah desa lebih membatasi dan memperketat akan pendirian minimarket di wilayah perkampungan agar masyarakat yang memiliki usaha toko maupun sebagainya bisa makmur, lebih baik pemerintah desa membuat usaha desa berupa minimarket akan tetapi dikelola oleh pemerintah desa sehingga komoditas perekonomian di wilayah tersebut bisa terangkat.

Author Biography

Muhammad Israa Firman Yulianto, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Bupati Sidoarjo. 2016. PERATURAN BUPATI SIDOARJO NOMOR 36 TAHUN 2016 TENTANG PENATAAN MINIMARKET DI KABUPATEN SIDOARJO.

Bupati Sidoarjo. 2019. PERATURAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO NOMOR 1 TAHUN 2019 TENTANG RENCANA DETAIL TATA RUANGDAN PERATURAN ZONASI BAGIAN WILAYAH PERKOTAAN SIDOARJO TAHUN 2019–2039.

Bupati Sidoarjo. 2019. PERATURAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO NOMOR 10 TAHUN 2019 TENTANG PENATAAN TOKO SWALAYAN DI KABUPATEN SIDOARJO DENGAN.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis. https://books.google.co.id/books?redir_esc=y&hl=id&id=3CNrUbTu6CsC&q=.

Semiawan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=dSpAlXuGUCUC&oi=fnd&pg=PA2&dq=buku+semiawan+2010&ots=_zU9AxLRUX&sig=UNvlRniTpywJMLFT9-gkdwF74kg&redir_esc=y#v=onepage&q=buku semiawan 2010&f=false.

Subarsono, AG. 2012. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahab, Solichin Abdul. 2008. Analisis Kebijaksanaan : Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi AKsara.

Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik Teori, Proses, Dan Studi Kasus. Yoyakarta: CAPS.

Downloads

Published

2022-05-05

How to Cite

Israa Firman Yulianto, M. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENATAAN MINIMARKET DI KABUPATEN SIDOARJO. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 2(03), 79–87. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/765

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK