OPTIMALISASI IMPLEMENTASI PROGRAM KALIMASADA DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN MEDOKAN SEMAMPIR

Authors

  • Ahmad Adhi Suprayitno Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Optimalisasi, Implementasi, Program Kalimasada

Abstract

Pelaksanaan penelitian pada Dispendukcapil yang dilaksanakan di Kelurahan Medokan Semampir bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi pelayanan publik melalui pelaksanaan program KALIMASADA di kelurahan Medokan Semampir. Pelaksanaan program KALIMASADA ini dilaksanakan dengan fokus peran RT/RW dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi warga terkhusus untuk Adminduk (Administrasi Kependudukan). Dalam penelitian pelaksanaan program KALIMASADA ini dilakukan di Kelurahan Medokan Semampir menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan pengamatan pada cara masyarakat dan aparatur pemerintahan di Kelurahan Medokan Semampir menunjukan kepada masyarakat agar dapat memahami alur dari kepengurusan data secara mandiri melalui aplikasi Klampid atau melalui RT/RW.

Author Biography

Ahmad Adhi Suprayitno, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Civitas Akademika di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Pratama, W. O., & Maulana, D. (2022, May). IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN KALIMASADA ADMINDUK DITINGKAT RT KOTA SURABAYA. In Seminar Patriot Mengabdi (Vol. 1, No. 01).

Takdir, M., Sani, K. R., Juniati, S. R., & Arifin, Z. (2021). Polemik Implementasi Program Magang Mbkm Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sinjai. Al Qisthi, 11(2), 22-35.

Anwar, A. M. (2021). Penerapan Pelayanan Akta Kelahiran Secara Online Melalui Klampid di Kantor Kecamatan Pabean Cantian Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Adhi Suprayitno, A. (2022). OPTIMALISASI IMPLEMENTASI PROGRAM KALIMASADA DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN MEDOKAN SEMAMPIR. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 2(02), 29–33. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/441

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK