EFEKTIVITAS WEBSITE SEBAGAI MEDIA E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN (STUDI PADA WEBSITE KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GRESIK)

Authors

  • Tri Hayati Fitriyani Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik

Keywords:

Efektivitas, E-government, Pelayanan, Media, Teknologi Informasi, Website

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 semakin berkembang ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi. Dan di awal tahun 2019 berubah ke revolusi peradaban 5.0, konsep terbaru dari Negara Jepang   bertajuk society 5.0. Maka otomatis pemanfaatannya kini   merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindari, karena kebutuhan informasi yang sangat cepat, dan tepat. Teknologi  menjadi trends masyarakat dan kebutuhan utama disegala aspek. Salah satu teknologi   paling berkembang adalah teknologi berbasis web yang sering disebut dengan  internet.  Kantor  Kementerian  Agama  Kabupaten  Gresik  sebagai  salah  satu lembaga pemerintah dituntut untuk  lebih  meningkatkan kinerja pelayanan publik yang diprogramkan menuju layanan elektronik atau e-service. Web atau website diharapkan dapat menjadi media e-government sebagai sarana interaksi antara Kementerian Agama dengan masyarakat maupun mempermudah layanan elektronik. Penulisan Tesis dengan judul “Efektivitas Website Sebagai Media E-Government Dalam Meningkatkan Pelayanan (Studi Pada Website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik)” merupakan sebuah studi dimana dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui seberapa efektif website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik sebagai media e-government. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. untuk menjelaskan dan menganalisis efektivitas website sebagai media  e-government  dalam  meningkatkan  pelayanan  elektronik  Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Gresik; 2. untuk menjelaskan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat efektivitas website sebagai media e-government dalam meningkatkan pelayanan elektronik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa: 1. website Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik belum efektif sebagai media dalam memberikan pelayanan publik secara elektronik (e- service) seperti mendownload blangko, formulir, dll, karena hanya sebagai media pemberi informasi kepada masyarakat. 2. Ditemukan faktor pendukungnya adalah makin berkembangnya teknologi informasi dan banyak pengguna aktif IT dengan tingkat pendidikan yang lebih baik. Faktor penghambatnya adalah  Faktor usia dengan pendidikan rendah belum bisa menggunakan peranti elektronik.

References

Nurudin. 2008. Hubungan Media: Konsep dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Thoha, Miftah. 2000. Peranan Ilmu Administrasi Publik dalam Mewujudkan Tata Kepemerintahan yang baik. PPs UGM, Yogyakarta.

Humas Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, 2019. Kemenag Gresik Dalam Angka Tahun 2018. Kankemenag Gresik, Gresik.

Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. UI Press, Jakarta.

Gie, The Liang. 2002. Analisis Administrasi Dan Manajemen. Gramedia, Jakarta

Handayaningrat, Soewarno. 2002. Pengantar Suatu Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Gunung Agung, Jakarta.

Indrajit, Richardus Eko. 2004. E-Government Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Andi Offset. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Tri Hayati Fitriyani. (2021). EFEKTIVITAS WEBSITE SEBAGAI MEDIA E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN (STUDI PADA WEBSITE KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GRESIK). PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 1(01), 25–38. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/39

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK