ANALISIS PERAN PEMUDA DALAM MENGEMBANGKAN SEKTOR PARIWISATA PADA DESA SITIO HILIR KABUPATEN TAPANULI TENGAH KECAMATAN PANDAN

Indonesia

Authors

  • Siti Maysarah Tinambunan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Laylan Syafina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Pariwisata, Shift Share, Peran pemuda

Abstract

Penelitian tentang peran pemuda dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Tapanuli Tengah. Populasi penelitian adalah seluruh pemuda yang berdomisili di kabupaten Tapanuli Tengah. Sampel penelitian adalah pemuda yang berdomisili di kecamatan Pandan dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang, sesuai dengan rumus Franck Lynch. Metode yang digunakan adalah analisis Shift Share, dan metode analisis regresi berganda. Penelitian ini mengambil data primer melalui kuisioner dan data sekunder dari instansi terkait, yaitu Dinas Pariwisata kabupaten Tapanuli Tengah, KNPI Tapanuli Tengah, Kantor Pemuda dan Olahraga dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Tengah. Hasil penelitian Shift Share mempunyai nilai Proportional shift (P) sebesar 67,32 yang berarti bahwa sektor ini mempunyai pertumbuhan lebih cepat dibandingkan sektor lain di kabupaten Tapanuli Tengah dan mempunyai nilai Differential Shift (D) -8,68, yang berarti bahwa sektor pariwisata mempunyi daya saing yang menurun, karena pertumbuhannya lebih lambat dibandingkan dengan propinsi Sumatera Utara. Hasil analisis regresi berganda secara simultan tentang peran pemuda sebagai Agent of Change, Agent of Development, dan Agent of Modernization menghasilkan taraf signifikansi 0,00 atau lebih kecil dari 0,05, yang berarti bahwa peran pemuda berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan pariwisata di kabupaten Tapanuli Tengah, sedangkan secara parsial diperoleh nilai peran pemuda sebagai Agent of Change (0,009), Agent of Development (0,000), lebih kecil dari 0,05, yang berarti kedua peran tersebut berpengaruh signifikan terhadap pengembangan pariwisata di kabupaten Tapanuli Tengah, sedangkan peran pemuda sebagai Agent of Modernization (0,502) lebih besar dari 0,05 yang berarti peran tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan pariwisata di kabupaten Tapanuli Tengah.

Author Biographies

Siti Maysarah Tinambunan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Civitas Akademika di Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Laylan Syafina, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Dosen di Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Azwar, Saifuddin.1995. Sikap Manusia:Teori dan Pengukurannya. Pustaka Belajar:Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, 2012, Tapanuli Tengah Dalam Angka.Cv. Kita Press: Pandan, Tapanuli Tengah

Budianta, Luhur. 2000. Partisipasi masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata (Suatu Sudi terhadap Partisipasi Masyarakat di Objek Wisata Pantai Air Manis Kelurahan Air Manis Kota Padang).Perpustakaan Universitas Indonesia: Jakarta.

Coushil, Gilbert.2005.Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Edisi ke 4 Jilid I, Alih Bahasa Andriani, Dkk.Erlangga:Jakarta

Gamal Suwantoro. 1997. Dasar-Dasar Pariwisata. Andi : Yogyakarta

Gozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi Ketiga. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hadari Nawawi, (1983), Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press p. 141

Hidayat, Adi. 2011. Rendahnya Partisipasi Pemuda Terhadap Program kegiatan PKBM di Desa Sirnaraja, Kecamatan Ciupendeuy, Kabupaten Bandung Barat.

Khairudin. 1992. Pembangunan Masyarakat, Tinjauan Aspek Sosiologis, Ekonomi dan Perencanaan. Liberty :Yogyakarta.

Moleong, Lexy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif . PT. Remaja Rosada Karya:Bandung. Nazir, Muhamad. 1983. Metode Penelitian.Ghalia Indonesia: Jakarta.

Panudju, Bambang. 1999; Pengadaan Perumahan Kota Dengan Peran Serta Masyarakat Berpenghasilan Rendah, Penerbit Alumni:Bandung.

Pitana, Gde, dan Diarta, I Ketut Surya. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. CV Andi Offset: Yogyakarta. Sastrosaputra,

Santoso, 1988, Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional.Alumni: Bandung.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesembilan, Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Singarimbun, Masri dan sofyan Effendi, 1986. Metode Penelitian Survey. Suntingan LP3ES: Jakarta.

Sudjana, D (2010). Pendidikan Nonformal :Wawasan, sejarah Perkembangan, Filsafat,dan Teori Pendukung, serta Azas. Bandung :Falah.Supardi Suparlan, 1995, Kemiskinan di Perkotaan, YOI: Jakarta.

Downloads

Published

2021-05-23

How to Cite

Maysarah Tinambunan, S., & Syafina, L. (2021). ANALISIS PERAN PEMUDA DALAM MENGEMBANGKAN SEKTOR PARIWISATA PADA DESA SITIO HILIR KABUPATEN TAPANULI TENGAH KECAMATAN PANDAN: Indonesia. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 1(01), 93–104. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/370

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK