ANALISIS PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI LEMBAGA AMIL ZAKAT AL – WASHLIYAH BERAMAL (LAZ – WASHAL)

Authors

  • Pratista Andanitya Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fauzi Arif Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Pengelolaan, Zakat Produktif, Lembaga Amil Zakat, AL–Wasliyah Beramal, LAZ–WASHAL

Abstract

Zakat adalah kewajiban yang dibebankan pada harta yang dimiliki oleh setiap muslim, dari satu sudut pandang zakat adalah ibadah dan dari sudut pandang lain, itu adalah kewajiban sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu upaya memahami berbagai konsep yang ditemukan dalam proses penelitian, dengan menggunakan teknik analisisis idan penelitian kepustakaan. Kajian ini membahas tentang pemanfaatan zakat pada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zakat sebagai instrument keuangan Islam merupakan sumber potensial untuk mengentaskan kemiskinan, Apa lagi saat ini Indonesia dihadapkan pada kondisi pandemi yang menimbulkan banyak dampak negatif. Zakat adalah hadir untuk membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian  Indonesia dengan memberikan pengelolaan dan system penyaluran dari tahun sebelumnya, seperti menyalurkan dana zakat untuk digunakan sebagai modal usaha untuk mustahik.

Author Biographies

Pratista Andanitya Siregar, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Akademisi di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Fauzi Arif Lubis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Akademisi di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Nuzulia. (2021). Analisis Pengelolaan Zakat Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 2021, 1511-1517.

Ridho, Hilmi, Abdul Wasik. (2020). Zakat Produktif Konstruksi Zakatnomics: Perspektif Teoritis, Historis, dan Yuridis. (Malang: Literasi Nusantara).

Sudirman. (2007). Zakat dalam Pusaran Arus Modernitas. Malang: UIN-Malang Press.

Wulandari, Suci. (2021). Analisis Pengelolaan Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lahat. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Downloads

Published

2021-11-16

How to Cite

Andanitya Siregar, P., & Arif Lubis, F. (2021). ANALISIS PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI LEMBAGA AMIL ZAKAT AL – WASHLIYAH BERAMAL (LAZ – WASHAL). PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 1(04), 69–73. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/346

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK