STRATEGI PENINGKATAN PENGUMPULAN ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (ZIS) PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT AL WASHLIYAH BERAMAL SUMATERA UTARA

Authors

  • Septia Sakinah Rizki Utama Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fauzi Arif Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Strategi, Peningkatan, Koleksi, ZIS, LAZ WASHAL, Sumatera Utara, Pengelolaan

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau ucapan atau perilaku yang dapat diamati dari orang (subjek) itu sendiri. Jenis penelitian ini berarti penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk menggambarkan menurut informasi yang diamati. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menganalisis data adalah analisis lapangan. Analisis data di lapangan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penghimpunan dana ZIS, LAZ WASHAL Sumatera Utara menggunakan metode tradisional dan seni manajemen terkini. Strategi pengelolaan yang paling efektif digunakan untuk meningkatkan penghimpunan dana ZIS pada Lembaga Amal Zakat Washliyah (LAZ WASHAL) adalah strategi yang menggunakan cara tradisional, yakni dengan mengunjungi warga dengan membawa proposal berisi acara-acara milik lembaga Amal Zakat Washliyah (LAZ WASHAL) untuk dibahas menggunakan calon muzakki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seni pengelolaan yang dilakukan oleh Lembaga Amal Zakat Washliyah (LAZ WASHAL) untuk meningkatkan penghimpunan dana ZIS adalah dengan rutin mengevaluasi strategi yang digunakan.

Author Biographies

Septia Sakinah Rizki Utama, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Fauzi Arif Lubis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Akademisi di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Azhari, F. A. (2017) “Strategi Peningkatan Pengumpulan Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tulungagung”. Skripsi. Jawa Timur: Institut agama Islam Negeri Tulungagung).

Fahmi, M. Y. (2020). “Shadaqah (ZIS) Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimat Selatan”. . Skripsi. Kalimatan Selatan: Politeknik Negeri Banjarmasin.

Hasibuan, Hanisyah. (2019). “Strategi Peningkatan Pengumpulan Zakat, Infaq, dan Sedekah pada Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara”. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Kurnia, Eka Agri. (2021). “Strategi Peningkatan Pengumpulan Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS)”. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin.

Melati “Pengelolaan Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS) Dalam Peningkatan Ekonomi Mustahik Di Kota Kendari” https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/Al- Munazzam/article/view/3585.

Pratama, Gama, Novita and Abdul Aziz “Strategi Dalam Menghimpun Dana Zakat, Infaq Dan Shodaqoh” Volume 3 Nomor 1 (20 22) Pages 50–57 Ecobankers : Journal of Economy Banking http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/ecobankers.

Purwokerto. Priono, Hendro. (2018). “Strategi Pengumpulan Zakat, Infak dan Shadaqah Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyumas”. Skripsi thesis. Jawa Tengah: IAIN Purwokerto.

Sirojudin and Icha Febrianti “Strategi Pengumpulan Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) Di Infaq Center Al-Bahjah Barat Cianjur” E-ECOSY: JURNAL EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM Vol. 02, No. 01 Januari 2022, hlm. 62-72 Available at https://jurnal.unsur.ac.id/el.

Tho’in, Muhammad and Reno Yakob Andrian. “Strategi Peningkatan Pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah Pada Lembaga Amil Zakat Al-Ihsan Jawa Tengah”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 2021, 1689-1695.

Wiradifa, Riyantama and Desmadi Saharuddin “Strategi Pendistribusian Zakat, Infak, Dan Sedekah (ZIS) Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang Selatan” E-ECOSY: JURNAL EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM Vol. 02, No. 01 Januari 2022, hlm. 62-72 Avai.

Downloads

Published

2021-11-16

How to Cite

Sakinah Rizki Utama, S., & Arif Lubis, F. (2021). STRATEGI PENINGKATAN PENGUMPULAN ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (ZIS) PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT AL WASHLIYAH BERAMAL SUMATERA UTARA . PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 1(04), 84–95. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/344

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK