EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA

Authors

  • Apolinarius Bali Sari Korebima Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Anggraeny Puspaningtyas Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Supri Hartono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Efektivitas Pelayanan, Pembuatan E-KTP

Abstract

Banyak negara di dunia termasuk Indonesia, pelayanan publik merupakan salah satu parameter penilaian kualitas pelayanan pemerintahan untuk menjalankan tugas dan fugsinya. Baik tidaknya pelayanan publik terlihat melalui seberapa jauh pelayanan publiknya sesuai akan keperluan, harapan dan kebutuhan masyarakat. Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 terkait pelayanan publik, pelayanan publik adalah kegiatan atau serangkaian kegiatan dalam memenuhi kebutuhan pelayanan selaras akan peraturan perundang-undangan untuk tiap warga negara dan penduduk atas jasa, barang, dan/atau layanan administratif yang di selenggarakan penyelenggara pelayanan public. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mengukur efektivitas pelayanan pembuatan e-KTP di Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Fokus Penelitian Dalam penelitian ini, peneliti mengfokuskan penelitian pada efektivitas pelayanan pembuatan E-KTP yang di laksanakan di lingkungan Kantor Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data merupakan cara yang digunakan peneliti untuk mendapatkan data dalam suatu penelitian pada penelitian kali ini peneliti memilih jenis penelitian kualitatif maka data yang di peroleh haruslah mendalam jelas dan spesifik. Berdasarkan temuan studi bisa diambil simpulan bahwa layanan pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Sukolilo belum berjalan efektif dikarenakan waktu penyelesaian belum sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dan prasarana yang digunakan belum bisa menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Pelayanan dikatakan efektif apabila bisa mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan waktu yang sudah ditentukan.

Author Biographies

Apolinarius Bali Sari Korebima, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Anggraeny Puspaningtyas, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Supri Hartono, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Abdurahmat. (2003). Pengertian Efektivitas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Imsar, M. (2017). EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK SECARA ELEKTRONIK (e-KTP) KANTOR KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN. REZ PUBLICA, 3(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/rzp.v3i1.1904

Maryanto, R. (2017). PENGARUH DISIPLIN KERJA, KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DIVISI QUALITY CONTROL DAN LABORATORIUM PADA PT. JAPFA COMFEED INDONESIA, Tbk UNIT SIDOARJO. STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: PT.

Nugroho, A. (2008). Pengaruh Pendidikan, Disiplin dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Kudus Karya Prima. Universitas Muria Kudus.

Rahman, B., Arifin, J., & Arbayah, S. (2019). ANALYSIS OF PUBLIC SERVICE IN MAKING KTP AND KK IN BONGKANG VILLAGE OF HARUAI DISTRICT , TABALONG DISTRICT. JAPB, 2(2), 496–508.

Steers, R. M. (1980). Efektivitas Organisasi (Alih Bahasa Magdalena Jamin). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Jakarta: Alfabeta.

Sumaryadi. (2005). Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: CV Citra Utama.

Wahyuningsih, D. (2005). Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Sarana dan Prasarana Lingkungan di Kelurahan Salaman Mloyo Kabupaten Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2022-05-05

How to Cite

Bali Sari Korebima, A., Puspaningtyas, A., & Hartono, S. (2022). EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 2(03), 31–38. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/221

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK