PELAKSANAAN PELAYANAN DAN PEMBINAAN GELANDANGAN PENGEMIS DAN ANAK JALANAN DI KOTA SURABAYA

Studi Kasus UPTD Liponsos Kota Surabaya

Authors

  • Putra Syarif Hidayatullah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Pelayanan Publik, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial

Abstract

Penyandang masalah kesejahtraan sosial seperti anak jalanan, gelandangan, dan pengemis perlu mendapatkan perhatian yang serius dari Pemerintah Kota Surabaya. Hal tersebut terjadi karena ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan, membengkaknya biaya hidup, minimnya Pendidikan, sulitnya mendapatkan kualitas kehidupan yang layak, dan karena minimnya lapangan pekerjaan. Berdasarkan hal tersebut maka Penyandang Masalah Kesejahteraan sosial (PMKS) perlu mendapatkan pembinaan dan pemeberdayaan agar mereka dapat menikmati kualitas hidup yang layak. Dinas Sosial kota Surabaya hadir dalam mengatasi masalah tersebut melalui UPTD Liponsos (Lingkungan Pondok Sosial) yang berlokasi di keputih. Liponsos merupakan tempat penampungan sementara bagi mereka Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang terjaring Razia di kota Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan di UPTD Liponsos kota Surabaya adalah bahwa UPTD Liponsos berhasil melakukan pembinaan yang cukup baik ditandai dengan adanya angka penurunan jumlah PMKS setiap tahunnya. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan di UPTD Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) kota Surabaya bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak Liponsos kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial sudah efektif. Adapun pelayanan yang diberikan sudah efektif dalam menangani masalah yang dialami PMKS.

Author Biography

Putra Syarif Hidayatullah, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Furqoni, M. (2015). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, 1–12.

Husna, N. (2009). Ilmu kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Ilmu Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial, 45–58.

Haryanto, I. S. &. (2018). Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Dalam Pendekatan Rehabilitasi dan Pekerjaan Sosial (D. Novitarini (ed.); 2018 th ed.). UNY Press.

Nuriyanto, N. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”? Jurnal Konstitusi, 11(3), 428–453.

Purwoko, T. (2013). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keberadaan Anak Jalanan. EJournal Sosiologi, 1(4), 13–25.

Poso, K., Barat, P., & Poso, K. (2018). Issn : 2337 - 5736. 2.

Rahmat, H. K., Banjarnahor, J., Ma’rufah, N., Widana, I. D., & Ketut, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 91–107.

Yonri, G. A. R. I. (n.d.). Pembinaan kecamatan kampar timur oleh pemerintah daerah kabupaten kampar.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.

Suharto, E. (2006). Pengembangan Masyarakat Dalam Praktek Pekerjaan Sosial. September, 1–30.

Downloads

Published

2022-05-05

How to Cite

Syarif Hidayatullah, P. (2022). PELAKSANAAN PELAYANAN DAN PEMBINAAN GELANDANGAN PENGEMIS DAN ANAK JALANAN DI KOTA SURABAYA: Studi Kasus UPTD Liponsos Kota Surabaya. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 2(03), 23–30. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/216

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK