PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN WISATA SUNGAI PERAHU KALIMAS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN WISATA HERITAGE DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Ilham Yusuf Kurniawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Achluddin Ibnu Rochim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Indah Murti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.69957/praob.v4i04.1592

Keywords:

Partisipasi Masyarakat, Pengembangan Wisata, Wisata Heritage

Abstract

Pengembangan suatu objek wisata heritage tidaklah lepas dari partisipasi masyarakat didalamnya, salah satu objek wisata yang perlu dikembangkan terus menerus ialah Wisata Perahu Kalimas yang berada di pusat kota Surabaya. Sungai kalimas merupakan sungai yang bersejarah pada masa jaman belanda. Seiring bertambahnya zaman sungai kalimas berangsur dijadikan objek wisata perahu yang dimana masyarakat bisa menikmati keindahan Kota Surabaya dan juga bisa melihat bangunan bersejarah disekitaran sungai kalimas. Penelitian ini membahas mengenai partsisipasi masyarakat dalam peningkatan wisata sungai perahu kalimas sebagai upaya pengembangan wisata heritage di kota surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk partisipasi masyarakat dalam peningkatan wisata sungai perahu kalimas sebagai upaya pengembangan wisata heritage di kota surabaya. Teori yang digunakan ialah teori partisipasi dari Cohen dan Uphof 1977 yang dimana ada 4 tahapan dalam partisipasi yaitu partisipasi dalam perencaanan, partisipasi dalam pelaksanaan,partisipasi dalam pemanfaatan hasil dan partisipasi dalam pengawasan dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptuf dengan pendekatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata perahu kalimas sudah sangat baik terlihat dengan peningkatan jumlah pengunjung wisata setiap tahunnya, namun masyarakat disini hanya berperan sebag pelaku wisata. Dalam 4 tahapan partisipasi terlihat bahwa  masyarakat tidak terlibat dalam hal pelaksanaan masyarakat hanya berperan sebagai pelaku wisata bukan pengelola objek wisata.

References

Prabawati, H. T., Handoko, R., & Hariyoko, Y. (2022). PERAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SURABAYA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA HERITAGE Studi Di Kampung Heritage Lawang Seketeng (Vol. 2, Issue 06).

Rachmawati, I., & Firmansyah, R. (2019). Tingkat partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Wisata Alam di Curug Bidadari Sentul, Bogor (Vol. 7, Issue 1).

Rakha Anandhyta, A., Rilus, ;, & Kinseng, A. (2020). Jurnal Nasional Pariwisata (Vol. 12, Issue 2).

Sudros, Zulkipli. (2018). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN WISATA SUMUR PANJANG DI KECAMATAN BONTOTIROKABUPATEN BULUKUMBA.

Tifany, M & Marinawati,(2023). STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA, SERTA PARIWISATA KOTA SURABAYA DALAM OPTIMALISASI WISATA TUNJUNGAN ROMANSA.

Tokan, D, (2023) . PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WISATA PERAHU KALIMAS SURABAYA.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Kurniawan, I. Y., Rochim, A. I., & Murti, I. (2024). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN WISATA SUNGAI PERAHU KALIMAS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN WISATA HERITAGE DI KOTA SURABAYA. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 4(04), 107–118. https://doi.org/10.69957/praob.v4i04.1592

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK