IMPLEMENTASI PROGRAM E-FILING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI

(Studi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng)

Authors

  • Fhany Indria Kusuma Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agus Sukristyanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yusuf Hariyoko Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Implementasi, e-Filing, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Dalam implementasii kebijakan publik adalah salah satu langkah yang dilakukan yang bertujuan agar tercapainya suatu target pengambilan keputusan. Sesuai dengan ,e-filling merupakan metode pengiriman Surat Pemberitahuan Tahunan secara elektronik yang dilaksanakan dengan daring dan secara langsung menggunakan jaringan online, melalui situs web Directorat Jendral Pajak atau penyediaa layanan aplikas.i . Tujuan peneliti.an ini ialah  untuk menganalisis implementasi program e-Filing dalaam upaya meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak pada studi Kantor Pelayanan Publik Pajjak Pratama Surabaya Gubeng dan mengetahui seberapa banyak penggunaan e-Filing di masyakarakat pada Kantor Pelayanan Publik Pajak Pratama Surabaya Gubeng. Menggunakan kualitatif dalam pendekatan deskrip.tif, untuk pengumpulan informasi dalam konteks ini dilakukan melalui pengamatan, interaksi tatap muka, serta penyusunan dokumen.

Author Biographies

Fhany Indria Kusuma, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Agus Sukristyanto, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Yusuf Hariyoko, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Agustino. (2006). Implementasi Kebijakan Publik Model Van Meter Van Horn: The Policy Implementation Process.

Aprilly, Z. (2021). Analisis Efektivitas Penerapan E-Filling Dalam Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Duren Sawit). 1(1).

Astuti, I. N. (2015). Analisis Penerapan E-Filing Sebagai Upaya Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Surat Pemberitahuan (Spt) Tahunan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik Utara. Universitas Negeri Surabaya.

DJP. (2018). Daftar Lengkap Kesalahan dan Solusinya Ketika Melakukan E-Filing.

Kanal Satu. (2019, July 4). KPP Pratama Surabaya Gubeng Kejar Target Penerimaan Pajak 2019.

Mitrakoesoema, N. I. (2019). Kepemimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Karyawan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (Appmi) Jakarta.

Pujiwidodo, D. (2009). Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Untuk Meningkatkan Penerimaan Pajak Di Indonesia Periode Tahun 2000 Sampai Dengan Tahun 2009. 7(2).

Utami, A. P., & Osesoga, M. S. (2017). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Filing Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang berdomisili di Kota Tangerang). 9(2).

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Indria Kusuma, F., Sukristyanto, A., & Hariyoko, Y. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM E-FILING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI: (Studi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Gubeng). PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 3(05), 76–88. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/1298

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK