PENGARUH PENERAPAN WORK FROM HOME TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 JEREBUU KABUPATEN NGADA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR SELAMA MASA PANDEMI

Authors

  • Maximilian Colbe Nono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Pengaruh Penerapan Work from Home, Kualitas Pendidikan

Abstract

Penerapan Work from Home (WFH) oleh lembaga Pendidikan dari pemerintah kepada masyarakat dalam melaksanakan pembelajaran secara online dari rumah menjadi fenomena baru. Pekerjaan dari rumah yang dilakukan SMP Negeri 1 Jerebuu yang merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur dengan letak geografi jauh dari perkotaan di mana akses jaringan belum sebaik di perkotaan. Berdasarkan letak geografisnya, SMP Negeri 1 Jerebuu ini mengalami kendala bukan hanya kurangnya pengetahuan tentang aplikasi pendukung pembelajaran, tetapi juga kurangnya media elektronik yang dapat digunakan dalam mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring. Kendalan ini berperan cukup besar terhadap pengajaran serta penerimaan materi pembelajaran selama penerapan aturan berjalan untuk mengurangi penyebaran wabah mematikan ini terutama di lingkungan sekolah. Penelitian yang dipakai peneliti untuk penelitian ini ialah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Yang berarti pernyataan penelitian bersifat menyatakan ada hubungan dua variabel bisa juga lebih (Wahid et all, 2020). Menjelaskan juga hubungan pengaruh dan dipengaruhi oleh variabe yang diteliti. Hasil uji hipotesis mendapat total t hitung 3,393 lebih besar totalan t tabel 1,701 signifikansi total 0,002 lebih kecil total alpha (a) 0,05, maka tolak Ho dan terima Ha, artinya Work from Home punya pengaruh positif Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 1 Jerebuu Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Artinya Work from Home mempunyai hubungan searah dengan Kualitas Pendidikan. terdapat pengaruh Work from Home yang berada pada kategori kurang setuju terhadap Kualitas Pendidikan yang berada pada kategori tinggi di SMP Negeri 1 Jerebuu Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Uji hipotesis membuktikan bahwa variabel Work from Home berpengaruh positif signifikan pada Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 1 Jerebuu Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. uji determinan juga ikut menunjukan adanya hubungan antara variabel Work from Home dalam mempengaruhi Kualitas Pendidikan di SMP Negeri 1 Jerebuu.

Author Biography

Maximilian Colbe Nono, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Bulan, Sri at all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir Dalam Tanggap Work from Home Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser

Darmalaksana, Wahyudin. (2020). Buku Hasil Kuliah Online Metode Penelitian Hadis: Masa Work from Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Bandung: Penerbit Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dewi, S. N. P. Kurnia. (2021). Pengaruh Work from Home Terhadap Kualitas Pegawai Melalui Moderasi Motivasi Kerja Pada Saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Haidar Bagir (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia.

Pristiyono, at all (2020). Implementasi Work from Home Terhadap Motivasi Dan Kinerja Dosen Di Indonesia.

Sigit Vebrianto Susilo (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya-Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Oswar Mungkasa (2020). Bekerja dari Rumah (Working from Home/WfH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi Covid-19.

Primahendra, Riza at all. (2020). Pengaruh Hots, Peer Group, Classroom Management, Motivasi Diri Pada Proses Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Jurusan Sosial.

Amala, D. Nur at all. (2020). Analisis Pembelajaran Online Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemic Covid-19.

Mawaddah, S. Ajeng at all. (2021). Hambatan Guru pada Saat Melakukan Pembelajaran Daring Selama Work from Home (WFH) di SMKN 1 Sooko Mojokerto.

Wahyuni, N. Sri. (2017). Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Kemampuan Bersosialisasi pada Siswa SMK Negeri 3 Medan.

Oktariani at all. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan.

Paska, P. E. I. Nyoman. (2020). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Self-Regulated Learning Siswa.

Astarini. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Sosial, Persepsi Siswa Tentang Dukungan Sosial Orangtua, dan Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal Siswa dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseli.

Wiresti, R. Dwi. (2020). Analisis Dampak Work from Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19.

Sani, Lutfiah. (2020). Kinerja Mengajar dengan Sistem Work from Home (WFH) pada Guru di SMK Purnawarman Purwakarta.

Alfiah. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan.

Andayani, N. Rahmah. (2021). Pengaruh Penerapan Work from Home (WFH) dan Study from Home (SFH) Terhadap Aktivitas Belajar Mengajar Mata Kuliah Teori.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Colbe Nono, M. (2023). PENGARUH PENERAPAN WORK FROM HOME TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 JEREBUU KABUPATEN NGADA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR SELAMA MASA PANDEMI. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 3(05), 15–22. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/1168

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK