IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN ANAK JALANAN DI KOTA SURABAYA

(Studi Pada UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo)

Authors

  • Ainur Rohmah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rachmwati Novaria Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Indah Indartuti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Implementasi kebijakan, Penanganan, Anak Jalanan

Abstract

Anak jalanan merupakan permasalahan sosial yang kerap kita jumpai di Kota-kota metropolitan. Munculnya anak jalanan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor ekonomi, faktor keluarga dan faktor lingkungan. Berdasarkan Perda No. 6 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, Dinas Sosial membentuk UPTD Kampung Anak Negeri yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan serta pembinaan pada anak-anak penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kota Surabaya. Dengan adanya kebijakan penanganan anak jalanan tersebut jumlah anak jalanan di Kota Surabaya menurun, namun masih ada beberapa anak jalanan yang masih berkeliaran dan belum mendapatkan penanganan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan penanganan anak jalanan di Kota Surabaya dan menganalisis faktor penghambat implementasi kebijakan penanganan anak jalanan di Kota Surabaya dengan menggunakan Teori implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah implementasi kebijakan penanganan anak jalanan pada UPTD Kampung Anak Negeri sudah cukup berhasil, bahkan beberapa anak-anak penghuni Kampung Anak Negeri sering mendapatkan prestasi. Namun terdapat faktor penghambat untuk mengimplementasikan kebijakan penanganan anak jalanan antara lain sikap dan perilaku anak-anak jalanan yang membutuhkan waktu untuk mengubah mereka agar berperilaku lebih baik lagi kedepanya, serta masih kekurangan sumberdaya manusia bagian pembina khusus dikarenakan jumlah anak-anak penghuni Kampung Anak Negeri tidak sedikit.

Author Biographies

Ainur Rohmah, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Rachmwati Novaria, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Indah Indartuti, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Afifudin, M. (2014). Pembinaan Anak Jalanan Di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kampung Anak Negeri Kota Surabaya. Eprints.Upnjatim.Ac.Id.

Ahmad Syukron, D. R. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Kependudukan Dan Kualitas Pelayanan Masyarakat Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan E-KTP Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi. Repo.Menarasiswa.Ac.Id.

Aristin, R., & Azizah, R. N. (2018). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN DI DESA KADUARA TIMUR SUMENEP MADURA (Vol. 8, Issue 2).

Astri, H. (2014). KEHIDUPAN ANAK JALANAN DI INDONESIA: FAKTOR PENYEBAB, TATANAN HIDUP DAN KERENTANAN BERPERILAKU MENYIMPANG. Jurnal.Dpr.Go.Id.

Ernianti, B. (2019). Implementasi Kebijakan Pembinaan Anak Jalanan Di Dinas Sosial Kota Makassar. Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id.

Firdaus. (2018). Peran Dinas Sosial Dalam Penanganna Anak Jalanan Di Fly Over Makassar.

Hasanah, B., & Putri, L. D. (2019). Efektivitas Program Penanggulangan Anak Jalanan Berbasis Community Development di Kota Serang (Studi Pada Program Rumah Singgah). Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 7(2), 81. https://doi.org/10.31314/pjia.7.2.81-93.2018

Hutagalung, ali akhbar. (2017). KAJIAN KRIMINOLOGIS PERILAKU NAKAL ANAK JALANAN ( STUDI KASUS DI YAYASAN SETARA SEMARANG).

Kawasati, I. R. (2018). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif.

Manongga, P. K. (2018). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Mengatasi Kemiskinan Di kelurahan Pinokalan KOta Bitung. Ejournal.Unsrat.Ac.Id.

Pananrangi, A., Stia, M., Gazali, A., Apananrangi, B., & Id Abstrak, @algazali Ac. (2019). INOVASI KEBIJAKAN PUBLIK DALAM PERSPEKTIF ADMINISTRASI PUBLIK (Vol. 2, Issue 3).

Pemerintah Kota Surabaya. (2011). PERATURAN DAERAH KOTA SURABAYA. Rahmadani. (2013). LATAR BELAKANG PENYEBAB ANAK-ANAK BEKERJA DI JALANAN.

Putra syarif, H. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya Dalam Penanganan PMKS di UPTD Liponsos Keputih.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Rohmah, A., Novaria, R., & Indartuti, I. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN ANAK JALANAN DI KOTA SURABAYA: (Studi Pada UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo). PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 3(05), 47–55. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/1150

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK