PARTISIPASI PEMERINTAH, AKADEMISI, DAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM CAMPUS SOCIAL RESPONSIBILITY DI DINAS SOSIAL KOTA SURABAYA

Authors

  • Erisca Dian Aprilia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Supri Hartono
  • Anggraeny Puspaningtyas

Keywords:

Campus Social Responsibility, Partisipasi

Abstract

Campus Social Responsibility merupakan sebuah pembangunan untuk menangani sebuah permasalahan sosial di kota Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendeketan deskriptif. Pembangunan memerlukan partisipasi dari masyarakat agar sebuah pembangunan tersebut berjalan dengan baik, sama halnya dengan Campus Social Responsibility memerlukan partisipasi dari Pemerintah, Akademisi dan Masyarakat untuk menunjang keberhasilan sebuah pembangunan.

References

Anwas. (2014). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Aprilyantini, P. (2019). Membangun Partisipasi Komunikasi dalam Kegiatan Campus Social Responsibility (CSR) (Studi kasus : Mahasiswa CSR Stikosa-AWS dalam membangun partisipasi komunikan) . Jurnal Spektrum Komunikasi, 29-40.

Conyers. (1994). Partisipasi Masyarakat Sebagai Perwujudan dari Perubahan . Dalam Conyers. Jakarta.

Huraerah, A. (2008). Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Dalam A. Huraerah, Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan (hal. 121). Humaniora.

Imroah. (2018). Implementasi program Campus Social Responbility Pemerintah kota Surabaya (Studi kasus di UIN Sunan Ampel Surabaya). Jurnal UIN Sunan Ampel.

Innes, J., & Booher, &. D. (2000). Collaborative Dialogue as a Policy Making Strategy. IURD Working Paper.

Kartiko, & Ady, C. (2020). Pengaruh program Campus Social Responsibilities (CSR) dengan tema "Save The Next Generation" Pemkot Surabaya terhadap citra kota Surabaya. Widya Mandala Catholic University Surabaya Repository.

Lailiani, B. A. (2017). Strategi Pemerintah Desa Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Rangka Pembangunan Desa. JPAP Untag.

Miles, Huberman, & Saldana, &. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.

Muluk, M. K. (2007). Menggufat Partisipasi Publik dalam Pemerintahan Daerah. Dalam Sebuah Kajian dengan Pendekatan Berfikir (hal. 16).

Munir. (2002). Perencanaan Pembangunan Daerah. Nusa Tenggara Barat: Bappeda.

Pramadya, L. (2016). Implementasi Program Campus Social Responbility Dinas Sosial Kota Surabaya (Studi Pada Kegiatan Pendampingan Mahasiswa Asuh Terhadap Anak PMKS).

Sirojuzilam, & Mahalli. (2010). Regional. Dalam Pembangunan, Perencanaan dan Ekonomi. Medan: USU Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif . Bandung.

Suryono. (2001). Ekonomi Politik Pembangunan dalam Perspektif Teori Ilmu Sosial.

Tjokroamidojo. (2003). Perencanaan Pembangunan. Jakarta: Haji Mas Agung.

Umayani, I. (2018). Evaluasi Program Campus Social Responbility dalam Pendampingan Anak Putus Sekolah di Kota Surabaya. Repository Universitas Airlangga.

Downloads

Published

2021-08-05

How to Cite

Dian Aprilia, E., Supri Hartono, & Anggraeny Puspaningtyas. (2021). PARTISIPASI PEMERINTAH, AKADEMISI, DAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM CAMPUS SOCIAL RESPONSIBILITY DI DINAS SOSIAL KOTA SURABAYA. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 1(01), 86–92. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/115

Issue

Section

ADMINISTRASI PUBLIK