Religiusitas dan Agresivitas verbal remaja pemain game online: Adakah peran mediasi regulasi emosi?

Authors

  • Anggoro Adi Rochansyah Universitas 17 Agustus 1945
  • Amanda Pasca Rini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nindia Pratitis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Religusitas, Regulasi Emosi, Agresivitas Verbal, Remaja, Game online

Abstract

Remaja yang bermain game online seringkali dihadapkan pada masalah agresivitas verbal. Tidak menutup tuntutan adanya faktor religiusitas yang rendah dapat menimbulkan agresivitas verbal. Selain religiusitas dapat berpengaruh langsung terhadap agresivitas verbal, regulasi emosi bisa menjadi pengaruh tidak langsung atau mediator terjadinya agresivitas verbal pada remaja yang bermain game online. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis accidental sampling. Penelitian ini dilakukan di warung kopi sekitar Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. berdasarkan kriteria remaja yang bermain game online berusia 12-21 tahun. Hasil perhitungan analisis mediasi dan product moment, pada skala religiusitas dan agresivitas verbal dengan regulasi emosi sebagai variabel mediator didapatkan hasil Z-Value -2,836 dengan nilai signifikan 0,005 (<0,05) dan pada skala religiusitas dengan agresivitas verbal mendapatkan nilai korelasi pearson sebesar - 0,368 dengan nilai signifikan -0,368. Artinya adalah terdapat hubungan secara langsung dan tidak langsung antara agamaitas dengan agresivitas verbal.

References

Aisyah, S., & Rini, A. P. (2018). Religiusitas dan agresivitas pada partisipan partai politik. Fenomena, 27(1), 24–33. https://doi.org/10.30996/fn.v27i1.1499

Anggraini, L. N. O., & Desiningrum, D. R. (2018). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Intensi Agresivitas Verbal Instrumental Pada Suku Batak Di Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara Universitas Diponegoro. Empati, 7(3), 270–278.

Fetzer, J. E. (1999). multidimensional measurement of religiousness/spirituality for use in health research. Multidimensional Measurement of Religiousness/Spirituality for Use in Health Research, 267–269. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1005-9_1577

Glock, C. Y., & S. R. (1965). Religion and society in tension. Rand McNally.

Greitemeyer, T. (2014). Intense acts of violence during video game play make daily life aggression appear innocuous: A new mechanism why violent video games increase aggression. Journal of Experimental Social Psychology, 50(1), 52–56. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2013.09.004

Gross, J. J. (2014). Chapter 1: Emotion Regulation: Conceptual and Empirical Foundations. Handbook of Emotion Regulation, 3–19.

Hadad, K., & Yudha Winata, E. (2021). Hubungan Religiusitas Dengan Agresi Verbal Pemain Game Online. Jurnal PSIMAWA, 4(2), 94–98. http://jurnal.uts.ac.id/index.php/PSIMAWA

Hawari. (n.d.). Masalah Masalah Sekitar Kecanduan Minuman Keras. EGC.

Hendropuspito, D. (1983). Sosiologi agama. Yayasan Kanisius.

Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi ke – 5). Erlangga.

Infante, D. A., & Wigley, C. J. (1986). Verbal aggressiveness: An interpersonal model and measure. Communication Monographs, 53(1), 61–69. https://doi.org/10.1080/03637758609376126

Kartini Kartono. (2011). Pemimpin dan Kepemimpinan. PT. Rajawaligrafindo Persada.

Koentjaraningrat. (1984). Kebudayaan Jawa. PN. Balai Pustaka.

Maharani, P., Laksmiwati, H., & Maturity, T. E. (2017). Kematangan Emosi dan Religiusitas Terhadap Kecenderungan Agresi Pada Siswa. 8(1), 33–42.

Mangunwijaya, Y. . (1994). Sastra dan Religiositas. kanisius.

Markey, P. M., & Markey, C. N. (2010). Vulnerability to Violent Video Games: A Review and Integration of Personality Research. Review of General Psychology, 14(2), 82–91. https://doi.org/10.1037/a0019000

Nursanti, E., Darul, U., & Jombang, U. (2012). IDEA : Jurnal Psikologi. 68–74.

Winanda, N., Nurwahidin, M., & Yusmansyah. (2022). Hubungan Regulasi Emosi Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 2 Kalianda Tahun Ajaran 2020/2021. 2(1), 93–101.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Anggoro Adi Rochansyah, Amanda Pasca Rini, & Nindia Pratitis. (2023). Religiusitas dan Agresivitas verbal remaja pemain game online: Adakah peran mediasi regulasi emosi?. INNER: Journal of Psychological Research, 3(1), 67–76. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/inner/article/view/858

Issue

Section

Articles