Minat belajar siswa pada tugas-tugas sekolah : Bagaimana peran Intensitas bermain gadget?
Keywords:
intensity, gadgets, interest in learning, school assignmentsAbstract
Abstract
This study aims to prove that there is a negative correlation between the variable intensity of playing gadgets with students' learning interest in school assignments. The participants in this study were 75 students from SDN Sukorejo grades V and VI. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique. Data analysis technique uses Spearman's Rho correlation. The results showed a correlation of -0.077 with a significance of 0.0512 (p>0.05). This means that the intensity of playing gadgets is not proven to be related to students' learning interest in school assignments, so the hypothesis proposed in this study is rejected
Keywords: intensity, gadgets, interest in learning, school assignments
Abstrak
Penelitian ini bertujuan membuktikan adanya korelasi negatif antara variabel intensitas bermain gadget dengan minat belajar siswa pada tugas-tugas sekolah. Partisipan dalam penelitan ini berjumlah 75 siswa dan siswi dari SDN Sukorejo kelas V dan VI. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan korelasi sebesar -0,077 dengan signifikansi 0,0512 (p>0,05). Artinya intensitas bermain gadget tidak terbukti berhubungan dengan minat belajar siswa pada tugas-tugas sekolah sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak.
Kata kunci : Intensitas, gadget, Minat Belajar, Tugas Sekolah
References
Adeng Hudaya (2018). Tentang Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik
Ali (2004) Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Dalam http://repositori.unsil.ac.id/682/6/11.%20BAB%202%20Ready%20Banget%20setelah%20revisi%20akhir.pdf
Aulia Nurmasari (2016) Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Keterlambatan Perkembangan Pada Aspek Bicara dan Bahasa Pada Balita Di Kelurahan Tambakrejo Surabaya.
Des,O., Selan. (2019) Pengaruh Penggunaan Gagdet Terhadap Prestasi dan Hail Belajar Siswa Sekolah Dasar
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang Jurnal JPSD, 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4il.a9594
Indrawan, P. (2014). Pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang psikososial anak PAUD. Retrieved April 12, 2017, from http://library.binus.ac.id
Inaha Rahma Puspitasri (2020). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia 8-10 Tahun di MI Nurul Islam Tanjung Bendo Kabupaten Magetan.
Irawan, J., & Armayati, L. (2013). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan bersosialisasi pada remaja. An-Nafs, 8(2), 29-38.
Ismanto, Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Ejournal Keperawatan, 3(2).
Ni Luh Gede M, Widiastiti, & Gusti Ngurah S., Agustika (2020). Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Ditinjau Dari Polah Asu Orang Tua
Rezky Graha Pratiwi & Rosyidah Umpu Malwa (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Remaja
Ria Fajrin Rizqy Ana (2021) Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di SDN Kamulan 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar
Rokhani, Sit. i”Dampak Bermain Game Gadget Terhadap Anak”, dalam
http//dokteranak.org/dampak-negatif-bermain-game-untuk-anak, diakses tanggal 6 juni 2018
Scribd, “Pengertian intensitas”. dalam
https://www.scribd.com/doc/316536693/Pengertian-Intensitas,diakses tanggal 6 juni 2018
Setiawan, A., Sawitri, D., & Suswati, E. (2019). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Terhadap Kesepian Belajar Dimediasi oleh Motivasi Belajar Jurnal Psikologi, 6(2)
Simbolon, Naeklan. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik”, dalam
http//jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1323,diakses tanggal 6 juni 2018
Supling, M. A. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 177. https://doi.org/10.25278/jj71.vl5i2.261
Taufiq,A., Siantoro,G.,&Khamidi, A. (2021). Analisis Minat Belajar dan Motivasi Belejar Siswa Terhadap Pembelajaran daring PjoOk Selama Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) Di Man 1 Lamongan Jurnal Education and Development, 9(1), 225-229
Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Widiawati, I, Sugiman, H & Edy. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak Jakarta: Universitas Budi Luhur. E-journal Keperawatan, 6,1-6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Salsabilla Adin Ardita, Tatik Meiyuntariningsih, Hetti Sari Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.