ANALISIS PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN KERJA DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PABRIK I PT. PETROKIMIA GRESIK

Authors

  • Lindawatiningsih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

keselamatan kerja, Kesehatan kerja

Abstract

PT. Petrokimia Gresik adalah perusahaan yang bergerak dibidang produsen pupuk, bahan kimia dan jasa dan mempunyai masalah dengan meningkatnya angka kecelakaan dan penyakit kerja, yang diduga di sebabkan oleh pelaksanaan program keselamatan kerja dan pelaksanaan program kesehatan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui dan membuktikan pelaksanaan program keselamataan kerja berpengaruh signifikat terhadap kepuasan karyawan PT. Petrokimia Gresik bagian produksi Pabrik I. 2. Untuk mengetahui dan membuktikan pelaksanaan program kesehatan kerja berpengaruh signifikat terhadap kepuasan karyawan PT. Petrokimia Gresik bagian produksi Pabrik I. 3 Untuk mengetahui dan membuktikan pelaksanaan program keselamataan kerja dan pelaksanaan program kesehatan kerja secara simultan berpengaruh signifikat terhadap kepuasan karyawan PT. Petrokimia Gresik bagian produksi Pabrik I.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan data primer dan sekunder. Alat pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, metode penyusunan skala menggunakan skala linkert. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Model regresi yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi parsial, uji F, uji T. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa pelaksanaan program keselamataan kerja dan pelaksanaan program kesehatan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan, ditunjukkan oleh nilai Fhitung 26.028 > Ftabel 3.11. Secara parsial, pelaksanaan program keselamatan kerja berpengaruh signifikan terhadapa kepuasan karyawan sebesar 3.631 (0.001). dan Pelaksanaan program kesehatan kerja berpengaruh terhadap kepuasan karyawan sebesar 4.211 (0.000). Sehingga pelaksanaan program kesehatan kerja berpengaruh dominan terhadap kepuasan karyawan.

References

Rika Ampuh Hadiguna. (2009). Manajemen Pabrik: Pendekatan Sistem untuk Efisiensidan Efektifitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Veithzal Rivai. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muhammad Sabir. (2009). Modul Menerapkan Prosedur Kesehatan.

Kusuma J.I, (2010). Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan PT. Bitratex Industries Semarang. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Shafiqah Adia. (2010). Gema budaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). http://www.4antum.wordpress.com/2010/1/14/gema-budaya-k3.html. Tanggal akses: 6 Oktober 2010.

Hasibuan, Malayu S.P, (2006), Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah,Edisi Revisi, Bumi Aksara: Jakarta.

Triton, (2006). SPSS 13.0 Terapan: Riset statistik parametric. Yogyakarta: Andi Offset.

Marihot Tua Efendi, (2002), Manajemen Sumber Daya Manusia, Grasindo, Jakarta

Dessler, Gary. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid Satu. Indeks, Jakarta.

Marwansyah. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Bohlander dan Snell. (2010). Principle of human resource management. Canada : Nelson Education. Ltd

Subekhi, Akhmad, Mohammad Jauhar. (2012). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Prestasi Pustaka Jakarta. Jakarta.

Rivai, Veithzal. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bambang Wahyudi. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Sulita.

Sadili Samsudin, (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit: CV Pustaka Setia.

Rivai, Veltzhal. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Murai Kencana

Tim Mitra Bestari. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: UPFE-UMY.

Swasto, Bambang. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang : UB Press.

Mathis, Robert L. Jackson John, H. (2006). Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat.

Robbins, Stephen P. (2003). Organizational Behavior. Alih Bahasa. Jakarta : kelompok Gramedia.

Nanang Martono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisa isi dan Analisis data sekunder. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-12

How to Cite

Watiningsih, L. (2021). ANALISIS PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN KERJA DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PABRIK I PT. PETROKIMIA GRESIK. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 1(01), 41–63. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/gemahripah/article/view/197