PENGARUH PENGGUNAAN CONTENT MARKETING, VARIAN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BITTERSWEET BY NAJLA DI PLATFORM TIKTOK

Authors

  • Dila Susanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ni Made Ida Pratiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Awin Mulyati Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.69957/grjb.v4i03.1688

Keywords:

Content Marketing, Varian Produk, Kualitas produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Internet telah menjadi media yang tidak terpisahkan dari kehidupan modern, tidak  hanya sebagai sumber informasi tetapi juga sebagai peluang bisnis yang signifikan. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan dengan biaya pemasaran yang lebih murah dan dapat menjangkau audiens yang lebih luas. TikTok menjadi salah satu sosial media yang saat ini marak digandrungi oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya dengan mengunggah suatu foto atau video yang biasa disebut dengan content marketing. Dalam content marketing pelaku akan menjelaskan spesifikasi produknya seperti varian dan kualitas produk agar konsumen tahu dan tertarik untuk melakukan pembelian. Bisnis kuliner kini menjadi semakin diminati karena berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia, yaitu makan, terutama dengan munculnya tren kuliner yang unik dan menjadi gaya hidup masyarakat. Terdapat salah satu industri food and beverage yang turut aktif menggunakan TikTok sebagai media promosinya yaitu Bittersweet by Najla yang mendapat julukan pelopor dessert box no 1 di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan content marketing, varian produk, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Bittersweet by Najla di platform TikTok. Dimana keputusan pembelian tidak terlepas dari bagaimana kualitas dan varian suatu produk yang dipasarkan oleh perusahaan melalui content marketing. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model explanatory research dan descriptive research. Dalam penelitian ini terdapat 100 responden dari pengguna platform TikTok. dengan rentang umur 15-45 tahun, pernah membeli dan mengkonsumsi produk Bittersweet by Najla yang diambil dengan teknik sampel  secara purposive sampling dengan rumus Cochran. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan kuisioner setelah itu dilakukan pengujian. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing, varian produk, dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan.

References

Arikurnto, Surharsimi. (2014). Proserdurr Pernerlitian Suratur Pernderkatan Prakterk. Jakarta: Rinerka Cipta.

Ichsannurdin & Herrry Purrnomo. (2021). Analisis: Gaya Herdonis Staturs Sosial Variasi Produrk terrhadap Kerpurtursan Permberlian Merlaluri Citra Merrerk (R. R. Rerrurng erd.). Kerdiri: CV. Merdia Sains Indonersia.

Malhotra, N.K., (2010). Markerting Rerserarch, An Applierd Orierntation (4th erd.). Perarson Erdurcation, Inc. Urpperr Saddler Riverr, Nerw Jerrsery.

Murnsarif, Murhammad., Asrurl., Zerlvi Gurstiana., Ari Murhardono., Charmiyanti Nurrkerntjana Ajur., Agurng Widarman., Ika Yurniwati., Andriasan Surdarso., & A Erderth Furari Anastasya. (2022). Stratergi Digital Markerting urnturk Bisnis Digital. Yayasan Kita Mernurlis.

Sirergar, Syofian. (2013). Mertoder Pernerlitian Kurantitatif: Dilerngkapi Perrbandingan Perrhiturngan Manural & SPSS. Jakarta: Kerncana Prernada Merdia Grourp.

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Susanti, D., Pratiwi, N. M. I., & Mulyati, A. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN CONTENT MARKETING, VARIAN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BITTERSWEET BY NAJLA DI PLATFORM TIKTOK. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 4(03), 37–46. https://doi.org/10.69957/grjb.v4i03.1688

Issue

Section

BISNIS DAN EKONOMI