ANALISIS KELAYAKAN USAHA TAMBAK IKAN BANDENG

STUDI KASUS DI DESA KALANGANYAR KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Naufal Aji Yuniantoro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Erwin Dyah Astawinetu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Keywords:

Kelayakan Usaha, Ikan Bandeng, R/C (Revenue Cost), B/C (Benefit Cost), ROI (Return On Investment)

Abstract

Usaha tambak ikan bandeng merupakan usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat didaerah pesisir terutama yang memiliki lahan tambak, usaha tambak ikan bandeng adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Terlebih lagi, ikan bandeng tergolong jenis ikan yang tumbuh dengan cepat dari nener hingga panen, yaitu siklus hanya memerlukan waktu 6 bulan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan usaha ikan bandeng yang ada di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo yang secara finansial dianalisis dengan metode Revenue Cost (R/C), Benefit Cost (B/C).dan Return On Investment (ROI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah petani ikan bandeng di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo dan objek penelitiannya adalah analisis kelayakan usaha ikan bandeng. Narasumber penelitian ini berjumlah 6 orang yang menjadi pemilik tambak ikan bandeng metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah ditinjau dari aspek finansial bahwa 6 usaha tambak ikan bandeng yaitu tambak milik  Bapak Usman, Bapak Suratman, Bapak Suhadi, Bapak Suwandi, Bapak Manto dan Bapak Andik layak untuk dijalankan. Dari kelima informan tersebut memiliki luas tambak yang berbeda-beda. Serta biaya-biaya juga mengikuti luas tambak. Hasil dari R/C, B/C, dan ROI ke enam informan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Karena hasil ini menguntungkan untuk ke enam informan.

Author Biographies

Naufal Aji Yuniantoro, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Erwin Dyah Astawinetu, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2021). Luas Area Pemeliharaan Ikan Darat Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. BPS.

Badan Pusat Statistik Sidoarjo. (2021). Luas Lahan Tambak Di Kabupaten Sidoarjo. BPS.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo. (2022). Data Hasil Produksi Perikanan Di Kabupaten Sidoarjo. Pemkab Sidoarjo.

Fahmi, I. (2014). Studi Kelayakan Bisnis dan Keputusan Investasi. Mitra Wacana Media.

Minarseh, L., Suhaeni, & Amrullah, S. H. (2021). Analisis Morfologi dan Kadar Protein Ikan Bandeng (Chanos chanos) dari Tambak Budidaya Monokultur dan Polikultur (Gracilaria sp.) di Kecamatan Bua Kabupaten luwu. Prosiding Biologi Achieving the Sustainable Development Goals With Biodiversity in Confronting Climate Change, November, 308–317.

Prayuginingsih, Prawitasari, S., Irawan, M. B. A. I., & Pangestu, R. B. (2023). Investasi Usahatani Dalam Perspektif Finansial. UM Jember Press.

Rapi, N. L., & Akmal, M. I. (2022). Analisis kelayakan usaha penangkaran kakap putih (Lates calcarifer). 33–41.

Ridwan, M., Putri, N. V, Uria, D., Tandiawan, V., Gustang, A., & SN, A. (2023). PENGANTAR EKONOMI. TOHAR MEDIA.

Sudradjat, A. (2011). Panen Bandeng 50 Hari. Penebar Swadaya.

Wijayanto, D. (2021). Buku Ajar Ekonomi Perikanan. uwais inspirasi indonesia.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Yuniantoro, N. A., & Astawinetu, E. D. (2023). ANALISIS KELAYAKAN USAHA TAMBAK IKAN BANDENG: STUDI KASUS DI DESA KALANGANYAR KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 3(04), 30–43. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/gemahripah/article/view/1481

Issue

Section

BISNIS DAN EKONOMI