PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PESERTA ASURANSI JIWA SYARIAH

(Studi Kasus di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Muda)

Authors

  • Sahnan Efriady Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tri Inda Fadhila Rahma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmi Syahriza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Loyalitas Peserta

Abstract

Kualitas layanan didefinisikan sebagai aktivitas yang dilakukan oleh bisnis dalam bentuk barang-barang yang tidak material tetapi dapat dirasakan oleh pelanggan. Impian seorang pemasar, loyalitas klien atau pelanggan seringkali merupakan rahasia kesuksesan jangka panjang sebuah organisasi pemasaran. Aset perusahaan yang paling berharga dan krusial adalah klien atau konsumen setianya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana loyalitas peserta di PT AJS Bumiputera dipengaruhi oleh kualitas layanan.Penelitian ini bersifat kuantitatif dan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Analisis regresi sederhana adalah metode analisis data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor kualitas pelayanan (X) terhadap loyalitas peserta asuransi (Y) menunjukkan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 0,05), hal ini terlihat dari t hitung sebesar 5,165 lebih dan nilai t tabel adalah 1,66412 (5,165> 1,66412). Berdasarkan temuan tersebut maka HO ditolak dan HA diterima, hal ini menunjukkan bahwa variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Oleh karena itu, dihipotesiskan bahwa kualitas pelayanan (X) memiliki pengaruh yang menguntungkan dan substansial terhadap loyalitas partisipan dalam kehidupan syariah. asuransi (Y).Hal ini menunjukkan bahwa asuransi PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Muda memberikan pelayanan dalam kategori baik. Pemasar dan staf asuransi tanggap terhadap setiap keluhan pelanggan, ramah dan sopan kepada semua pelanggan, serta mampu menjelaskan produk yang ditawarkan. Fasilitas kantor dalam kondisi baik dan lengkap. diberikan secara gamblang untuk memancing rasa penasaran nasabah dalam menggunakan jasa asuransi. Kedua, dilihat dari hasilnya. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS IBM 20 menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat memiliki hubungan yang kuat antara faktor kualitas pelayanan dengan loyalitas peserta asuransi jiwa syariah. Koefisien korelasi R sebesar 0,504 terletak pada interval koefisien 0,040-0,599.

Author Biographies

Sahnan Efriady Siregar, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tri Inda Fadhila Rahma, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sivitas Akademika di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Rahmi Syahriza, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sivitas Akademika di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Amrin, A. (2006). Asuransi syariah: keberadaan dan kelebihannya di tengah asuransi konvensional. Elex Media Komputindo.

Assauri, Sofjan. (2016). Strategic Management. Jakarta: PT Rajawali Pers

Aulia Monica, Yusrizal. (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di PT Prudential Syariah Binjai. Sumatera Utara. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam4 Nomor 5.

Bahrul Kirom. (2015). Mengukur Kinerja & Kepuasan Konsumen : Servive Performance and Costumer Satisfacttion Measurement, Edisi Revisi, Pustaka Reka Cipta. Bandung.

Burhan Bungin. (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo.

Fajar, Laksana, (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Gemala Dewi, (2004). Asfek-asfek Hukum Dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah di Indonesia, cetakan ke 4, Jakarta:Prenada edia Group.

Imsar, Sudarman Sahputra Simanullang, Sugianto. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Jasa Transportasi Online Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Modera ting (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam 2014-2016. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: BP Undip.

Lasut, R. F., Mandey, S. L., & Jan, A. H. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Besaran Premi Terhadap Tingkat Kolektibilitas dan Kepuasan Peserta sebagai Variabel Intervening pada BPJS Kesehatan Cabang Manado. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 633-646.

Lubis, A. N., & Rianto, M. R. (2019). Strategi Bisnis Kuliner Dengan Harga Premium dan Kualitas Pelayanan Dalam Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 15(1), 38-48.

Lukita, C., Pranata, S., & Agustin, K. (2020). Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis Untuk Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Tinggi Pada Mahasiswa Di Cirebon. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 9(2), 167-177.

Muhaimin, (2005), Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, PT Raja Grafindo Persada, JakartaMuhammad syakir sula, Asuransi (life dan general) Konsep dan Sistem Asuransi Syariah, gema insani (Jakarta:Gema Insani Press.2004)

Sugiyono. (2010), metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &D; penerbit CV Alfabeta, Bandung

Sujarweni, V. Wiratna. (2015) Metodologi Penelitian dan Ekonomi (Yogyakarta: Pustaka Baru Pers,.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Sutrisno, Edy. (2010). Managemen sumber daya manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Syofian Siregar, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS, Jakarta: Bumi Aksara.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta: Andi

Taylor, S. A., & Baker, T. L. (1994). An Assessment of the Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction in the Formation of Consumers’ Purchase Intentions. Journal of Retailing, 70(2), 163-178.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Efriady Siregar, S., Inda Fadhila Rahma, T., & Syahriza, R. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PESERTA ASURANSI JIWA SYARIAH: (Studi Kasus di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Muda). GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 3(03), 14–26. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/gemahripah/article/view/1373

Issue

Section

BISNIS DAN EKONOMI