PENGARUH ORIENTASI PASAR, DIFERENSIASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DIMSUM CIKMEL DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MEGA REGENCY

Authors

  • Ihsan Nuur Hidayatulloh Universitas Insan Cita Indonesia

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Desain, Keputusan Pembelian, Kode JEL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bukti empiris pengaruh orientasi pasar, diferensiasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing UMKM dimsum cikmel di masa pandemic covd-19 di mega regency. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan kategori purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kuantitas data/instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS 25 sebagai alat untuk menganalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pada variabel diferensiasi produk dan harga terhadap variabel keunggulan bersaing, sedangkan variabel orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing sehingga hanya 2 variabel x yang berpengaruh terhadap keunggulan bersaing dan 1 variabel x tidak berpengaruh. Dalam penelitian ini penulis bersungguh-sungguh bahwa keseluruhan atas hasil karya ini adalah karya sendiri, adapun bagian-bagian penulisan penelitian ini mengutip dari hasil penelitian terdahulu kemudian dicantumkan sumbernya dengan jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan. Apabila di kemudian hari ditemukan kejanggalan pada penulisan penelitian ini, penulis bersedia menerima sanksi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Author Biography

Ihsan Nuur Hidayatulloh, Universitas Insan Cita Indonesia

Mahasiswa di Universitas Insan Cita Indonesia

References

Andrianto, & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah ( Implementasi Teori dan Praktek ). CV. Penerbit Qiara Media, 536.

Aprizal, S., & Kom, S. E. (n.d.). ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Penjualan Komputer) Penerbit : CELEBES MEDIA PERKASA. www.celebesmediaperkasa.co.id

Darmanto Sri Wardaya. (2016). Manajemen pemasaran : untuk mahasiswa, usaha mikro, kecil dan menengah: Vol. xiv. Deepublish.

Dr. Meithiana Indrasari. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN.

Dr. Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi (Andi (ed.)). Andi.

Elly Joenarni. (2019). Pengaruh diferensiasi produk dan saluran distribusi terhadap volume penjualanHolcim Mortar di Kota Mojokerto. Journal of Entrepreneurship, Business Development and Economic Educations Research, 3(1), 29–36.

Fauziah Nur Simamora, E. S. (2018). Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol, 1(1), 68–79. www.otomotifhot.net

Hadi, S. (2001). Metodologi Research Jilid III. Andi Offset.

Haryono, T., & Marniyati, S. (n.d.). PENGARUH MARKET ORIENTATION, INOVASI PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA BISNIS DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING.

I Komang Sumerta, D. N. T. I. N. K. R. I. M. B. P., Bisnis, D., Ngurah, U., & Denpasar, R. (2020). PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION. Bulettin Studi Ekonomi, 25(2), 190–206.

Imam, G. (2013). Aplikasi Analisa Multivarite Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.

Kotler, P. and G. A. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed., Vol. 1). Erlangga.

Muhammad Zulkarnain, M. (2019). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DANORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA UMKMSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(2), 192–200.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Rezeki, S. (2019). PENGARUH HARGA, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN FASILITAS TERHADAP TINGKAT HUNIAN DI PT. KARYA CIPTA PESONA (ARYADUTA MEDAN). Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya (MBEP), 5.

Setyo, P. E. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN “BEST AUTOWORKS.” www.dawaihati.com

Sugiyarti, G. (n.d.). Serat Acitya-Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI ORIENTASI PEMBELAJARAN , ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK (Studi empiris pada industry pakaian jadi skala kecil dan menengah di kota Semarang).

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. PT. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Surya Bintarti. (2015). Metodologi Penelitian Ekonomi Manajemen. Penerbit Mitra Wacana Media.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Nuur Hidayatulloh, I. (2023). PENGARUH ORIENTASI PASAR, DIFERENSIASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DIMSUM CIKMEL DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MEGA REGENCY. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 3(03), 1–13. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/gemahripah/article/view/1342

Issue

Section

BISNIS DAN EKONOMI