PENGARUH CURRENT RATIO, PERPUTARAN PIUTANG DAN RETURN ON ASSET TERHADAP PERTUMBUHAN ASET ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA

Indonesia

Authors

  • Gilang Alif Muhammad Universitas.Islam.Negeri.Sumatera.Utara
  • Yenni Samri Juliati Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmat Daim Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Current Ratio, Perputaran Piutang, Return On Asset, Pertumbuhan Aset

Abstract

Peningkatan pertumbuhan aset sangat diharapkan bagi pihak eksternal perusahaan maupun bagi pihak internal perusahaan, karena pertumbuhan aset yang baik memberikan tanda bagi perkembangan perusahaan yang baik juga. Hal tersebut dapat menambah kepercayaan pihak luar terhadap perusahaan. Dari sudut pandang investor dan masyarakat, perusahaan yang memiliki tingkat pertumbuhan aset yang baik maka perusahaan tersebut mencerminkan bahwa memiliki aspek yang menguntungkan, investor dan masyarakat pun akan mengharapkan tingkat pengembalian (rate of return) yang baik dari investasi yang dilakukannya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Perputaran Piutang dan Return On Asset terhadap Pertumbuhan Aset. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan sumber data yang diperoleh yaitu data sekunder. Populasi sebanyak 30 perusahaan Asuransi Jiwa Syariah yang terdaftar di OJK. Sampel penelitian ini menggunkan teknik purposive sampling dengan menghasilkan 8 perusahaan Asuransi Jiwa Syariah yang terdaftar pada OJK, dengan menggunakan laporan keuangan tahunan sesuai dengan variabel yang digunakan selama periode (2018-2021). Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan hasil Current Ratio berpengaruh terhadap Pertumbuhan Aset. Perputaran Piutang berpengaruh terhadap Pertumbuhan Aset, dan Return On Asset (ROA) berpengaruh terhadap Pertumbuhan Aset. Berdasarkan Current Ratio, Perputaran Piutang dan Return On Asset (ROA) berpengaruh secara simultan terhadap Pertumbuhan Aset. Dengan koefesien determinasi (R square) 0,386  yang berarti Current Ratio, Perputaran Piutang dan Return On Asset (ROA) dapat menjelaskan 38,6% terhadap Pertumbuhan Aset dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian.

Author Biographies

Gilang Alif Muhammad, Universitas.Islam.Negeri.Sumatera.Utara

Sivitas Akademi di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Yenni Samri Juliati Nasution, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sivitas Akademi di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Rahmat Daim Harahap, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sivitas Akademika di Program Studi Asuransi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Afiyanti Tripuspitorin, H. A. (2022). Pengaruh Current Ratio dan Debt to Assets Ratio terhadap Return on Asset pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman. Jurnal Accounting Information System (AIMS) .

Alifatul laili Fajriah, A. I. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis .

Amrin, A. (2015). Asuransi Syariah: Keberadaan dan Kelebihannya di Tengah

Asuransi Konvensional. Jakarta: PT. Elex Media Computindo.

Anggraeni, P. (2013). Hukum Berinvestasi Pada Asuransi Jiwa Syariah Berbasis Unit Link. Malang: Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Bekti Mega Cahyani, K. K. (2020). Pengaruh Inventory Turnover Dan Current Ratio Terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Sub Sektor Semen. Isoquant: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi .

Cahyani, B. M. (2020). Pengaruh Inventory Turnover dan Current Ratio terhadap Return On Assets pada Perusahaan Sub Sektor Semen. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. , ISSN :25987496, E- ISSN : 25990578 Vol. 4, No.2.

Christina. (2019). Pengaruh Current Ratio, Working Capital Turnover, Debt To Equity Ratio dan Total Assets terhadap Return on Investment pada Perusahaan Makanan dan Minum yang Terdaftar di Bursa efek Indonesia. . Going Concern : Jurnal Riset Akunt , 408-422.

Desi Erawati, E. S. (2022). Analisis Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) dan Corporate Social Responsibility (CRS) yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan padai Perusahaani Manufaktur. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM) .

Dwi Septialamsya, M. N. (2022). Pengaruh Current Ratio dan Return On Assets terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. Jurnal Pendidikan dan Konseling .

Elvina Damayanti, R. D. (2022). Analisis Sistem Pengendalian Internal Terhadao Tingkat Piutang pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan. Ulul Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin.

Harahap, I. (2017). Hadis-Hadis Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Harahap, M. I. (2019). Analisis Faktor-Faktor ryang Mempengaruhi Aset BPRS. At-Tijarh:Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam.

Harahap, M. R. (2022). Analisis Pengembangan Ekonomi di Kota Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI).

Harahap, T. A. (2021). Analisis Kinerja Agen Dalam Strategi, Segmentasi dani Target Pemasaran Dalam Melakukan Penjualan Pada PT.Asuransi Umum Bumiputera Muda Medan1967. Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora.

Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan. Yogyakarta: Center For Academic Publicing Service (CAPS).

Indonesia, D. A. (2017). Al-Qur’an Terjemah. Samad.

Isnawan, G. (2012). Investasi Syariah. Jakarta: Laskar Askara.

Makhrus. (2017). Manajemen Asuransi Syariah (Issue December). Litera.

Marliyah, R. D. (2021). Akuntansi Syariah. Medan: FEBIUIN-SUPress.

Mimelientea Irman, A. A. (2020). Analysis On The Influence Of Current Ratio, Debt to Equity Ratio and Total Asset Turnover Toward Return On Assets On The Otomotive and Component Company That Has Been Registered In Indonesia Stock Exchange Within 2011-2017. International Journal of Economics Developmen tResearch .

Muhammad Adriansyah, Y. S. (2022). Analisis Peran Auditor Internal dalam Mendeteksi Kecurangan. Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing dan Perpajakan .

Munawir. (2010). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: PT. Liberty Yogyakarta.

Murhadi, W. P. (2013). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Selemba Empat.

Nasution, S. A. (2022). Analisa Peningkatan Minat Terhadap Produk Asuransi Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam .

Nasution, Y. S. (2021). Manajemen Zakat dan Wakaf. Medan: FEBI UIN-SU Press.

Nasution, Y. S. (2018). Mekanisme Pasar Dalam Perspektif Ekonomi Islam. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam .

Nur Amalia, Y. S. (2023). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT Lion Metal Works Tbk Periode 2016-2021. Journal Research oF Economic dan Business .

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Alif Muhammad, G., Samri Juliati Nasution, Y., & Daim Harahap, R. (2023). PENGARUH CURRENT RATIO, PERPUTARAN PIUTANG DAN RETURN ON ASSET TERHADAP PERTUMBUHAN ASET ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA: Indonesia. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 3(02), 47–64. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/gemahripah/article/view/1307

Issue

Section

BISNIS DAN EKONOMI